The PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAS MISBAHUL ULUM LHOKSEUMAWE
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v6i1.3275Kata Kunci:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Video PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis video terhadap hasil belajar siswa MAS Misbahul Ulum Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Jenis penelitian menggunakan bentuk desain penelitian yaitu pre-test and pos-test control-group design. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI MAS Misbahul Ulum Lhokseumawe yang terdiri atas delapan kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sebagai sampel terpilih kelas XI4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI5 sebagai kelas kontrol..Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes awal dan tes akhir serta lembar observasi. Analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning berbasis video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi polinomial. Hasil observasi aktivitas siswa di kelas menunjukkan bahwa siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning berbasis video terhadap hasil belajar siswa MAS Misbahul Ulum Lhokseumawe pada materi polinomial dengan sangat antusias.
Unduhan
Referensi
Almuzhir, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Semester Ganjil pada Bimbingan TIK tentang Penggunaan Dasar Internet atau Intranet di SMP Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2021/2022. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 425. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.425-436.2022
Andriani, A., Silviani, R., Rista, L., & Eviyanti, C. Y. (2021). Penggunaan Media Game Matematika Online untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Se-Kota Lhokseumawe. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.406
Andriani, A., Yanni, M. H., & Rista, L. (2023). THE IMPLEMENTATION OF ONLINE MATHEMATICS GAMES TO IMPROVE MATHEMATICAL REPRESENTATION ABILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN LHOKSEUMAWE. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.26858/jdm.v11i1.16488
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Anshori, S. (2016). Strategi pembelajaran di era digital (tantangan profesionalisme guru di era digital). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru.
Bone, P. K. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) BERBASIS VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPS MURID SD INPRES. 2(1), 120–126.
Cresswell, J. W., Plano-Clark, V. L., Gutmann, M. L., & Hanson, W. E. (2003). Advanced mixed methods research designs. Handbook of Mixed Methods in Social and Behavioral Research.
Eviyanti, C. Y., Rista, L., Hadijah, S., & Matematika, P. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK MELALUI MEDIA DOMINO MATEMATIKA. 04(02), 999–1010.
Fithriyani, I., Rostikawati, T., Mulyawati, Y., Dasar, G. S., Pakuan, U., Pakuan, U., Animasi, V., & Belajar, H. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPAS. 5(2), 545–551.
Kartini. (2009). Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.
Mulyana, E., Juariah, J., Suherman, A., Widyanti, T., & Supriyatna, A. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 25. https://doi.org/10.26418/skjpi.v2i1.54119
Muqtada, M. R., Pradanti, P., & Subaidah, S. (2023). Perspektif Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2197
Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681
Putra, R. D. okta, Melati, H. A., & Hadi, L. (2019). Implementasi Project Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(11), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37293
Ratnasari, D., Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2018). Teachers’ old-fashioned classroom practices: A pitfall on the use of digital technology in mathematics teachings. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(2), 114–130. https://doi.org/10.20414/betajtm.v11i2.233
Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.
Wang, Y., Zhou, Y., Brauer, F., Heffernan, J. M., Wang, Y., Zhou, Y., Brauer, F., & Heffernan, J. M. (2013). Mathematical Biology Viral dynamics model with CTL immune response incorporating antiretroviral therapy. J. Math. Biol. https://doi.org/10.1007/s00285-012-0580-3
Yanni, H. (2019). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi siswa melalui implementasi Lemang Aceh berbasis game Matematika online. 1(1), 108–113.
Yerushalmy, M. (2005). Functions of interactive visual representations in interactive mathematical textbooks. In International Journal of Computers for Mathematical Learning (Vol. 10, Issue 3). https://doi.org/10.1007/s10758-005-0538-2
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Andriani Andriani, Teuku Afriliansyah, Rifki Rifki, Asmaul Husna

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
