Pengaruh Model Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Soal AKM Numerasi

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas Almuslim
  • Novianti Novianti Universitas Almuslim
  • Rahmi Wahyuni Universitas Almuslim
  • Bulan Nuri Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2727

Keywords:

AKM Numerasi, Berfikir Kritis, Inkuiri

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada soal AKM Numerasi dengan materi statistika di kelas VIII MTsN 2 Bireuen. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai eksperimen tanpa kelas kontrol dengan desain One group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah kelas VIII/1 sebanyak 30 orang siswa yang dipilih dengan cara purposive sampling. Penelitian dilaksanakan 3 hari, tanggal 13 sampai 15 Juni 2023 dengan 4 kali pertemuan, masing-masing 1 kali pretest-posttest, dan 2 kali mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sementara itu, data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji korelasi product moment, uji hipotesis, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji-t Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 kurang dari nilai Sig.(2-tailed) 0.05, maka  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada soal AKM Numerasi dengan materi statistika di kelas VIII MTsN 2 Bireuen. Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berturut-turut adalah 95,45% dan 93,63% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi.

Ariani, T., & Suanti, W. (2016). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(2).

EYN. (2021, April 5). Breaking News! Inilah Hasil Lengkap Asesmen Nasional Tahun 2021. NaikPangkat.Com.

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117.

Kristanto, Y. E., & Susilo, H. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 22(2), 197-208.

Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206-213.

Novianti, & Khaulah, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Berbantuan Alat Peraga Papan Turunan. Jurnal Pendidikan Almuslim, VIII(1).

Novianti, N., Astuti, N., & Sriwinar, S. (2023). Komik matematika digital untuk meningkatkan literasi numerasi kajian etnomatematika (I). Deepublish.

Novianti, N., Khaulah, S., Nuri, B., Safitri, F., & Marnita, M. (2022). Pelatihan Penyelesaian Soal Matematika SD Berbasis Literasi dan Numerasi di Desa Bandar Bireuen. Aceh Journal of Community Engagement (AJCE), 1(2). https://doi.org/10.51179/ajce.v1i2.1718

Novianti, N., Khaulah, S., Rahmi, R., Marnita, M., & Nuri, B. (2023). Pelatihan Penyusunan Instrumen PTK dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru SD Kabupaten Bireuen. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.208

Novianti, N., Nuri, B., Husnidar, H., & Khaulah, S. (2024, January 31). Innovation of E-Module Mathematics Teaching Materials Based On Ethnomathematics For Students’ Creative Thinking Abilities. Proceedings of Malikussaleh International Conference On Education Social Humanities And Innovation (Miceshi) .

Novianti, N., Zaiyar, M., Khaulah, S., Fitri, H., & Jannah, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2369–2375. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5370/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking, creativity, communication, & collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52.

Rohim, D. C. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.

Sakti, K. E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis (Vol. 2, Issue 1).

Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71-74.

Downloads

Published

2024-04-30