Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswi Kelas X MAS Darul Ulum Alwaliyyah

Authors

  • Husnidar Husnidar Universitas Almuslim
  • Siti Khaulah Universitas Almuslim
  • Rahma Rahma Universitas Almuslim
  • Nanda Safarati Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2714

Keywords:

Kemampuan Berfikir Kritis, Discovery Learning

Abstract

This research aims to determine the extent to which the mathematical critical thinking skills of class X MAS Darul Ulum Alwaliyyah female students have improved on quadratic function material using the Discovery Learning learning model. The subjects taken in this research were 16 class X female students for the 2023/2024 academic year. This research approach is qualitative with the type of classroom action research. Data analysis techniques carried out in this action research include tests, interviews, and observations of teacher activities and student activities by 2 observers. According to the results of data analysis, it was found that the learning outcomes of female students in cycle I were 75%, and then there was an increase in cycle II, namely 88%. Meanwhile, the level of student activity in cycle I was 84.65% and there was an increase in cycle II to 88.16%. Teacher activity in cycle I was 83.33%, and teacher activity in cycle II increased to 85.33%. Based on this, it can be concluded that the mathematical critical thinking skills of class.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswi kelas X MAS Darul Ulum Alwaliyyah pada materi fungsi kuadrat menggunakan model pembelajaran  Discovery Learning. Subjek yang diambil pada penelitian ini adalah siswi kelas X tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 16 orang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian tindakan ini diantaranya tes, wawancara, serta pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa oleh 2 orang observer. Menurut hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswi pada siklus I sebesar 75%, dan kemudian terjadi peningkatan pada siklus II yaitu sebanyak 88%. Sedangkan tingkat aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 84,65% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 88,16%. Aktivitas guru pada siklus I sebanyak 83,33%, dan aktivitas guru pada siklus II meningkat menjadi 85,33%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswi kelas X MAS Darul Ulum Alwaliyyah pada materi fungsi kuadrat dapat lebih meningkat setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal UNY, Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008, 229.

Dari, R. T. U., & Sudatha, I. G. W. (2022). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui E-Modul Berorientasi Discovery Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43966

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. In PT.Refika Aditama.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Remaja Rosdakarya.

Mukodi. (2019). Tela’ah Filosofis Arti Pendidikan dan Faktor-Faktor Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(10).

Mustofa, et al. (2020). Media Pembelajaran - Mustofa Abi Hamid, Rahmi Ramadhani, Masrul Masrul, Juliana Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif, Jamaludin Jamaludin, Janner Simarmata - Google Buku. In Yayasan Kita Menulis.

Novianti, N., Khaulah, S., Rahmi, R., Marnita, M., & Nuri, B. (2023). Pelatihan Penyusunan Instrumen PTK dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru SD Kabupaten Bireuen. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.208

Novianti, N., Nuri, B., Husnidar, H., & Khaulah, S. (2024, January 31). Innovation of E-Module Mathematics Teaching Materials Based On Ethnomathematics For Students’ Creative Thinking Abilities. Proceedings of Malikussaleh International Conference On Education Social Humanities And Innovation (Miceshi) .

Novianti, N., Zaiyar, M., Khaulah, S., Fitri, H., & Jannah, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2369–2375. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5370/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Nur Khofiyah, H., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857

Nurohmatin, T. (2017). Pengembangan Modul Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Untuk Memberdayakan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Skripsi, 82.

Rahman, A., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.201

Riski, D., Wahyuni, R., & Novianti, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Soal Tipe HOTS Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Asimetris, 4(1), 35–41. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1986

Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., & Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.5081

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118

Downloads

Published

2024-04-30