Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif

Authors

  • Muliana Muliana pendidikan matematika universitas malikussaleh
  • Hayatun Nufus Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2639

Keywords:

Keterampilan Berfikir Kreatif Matematis, Project Based Learning (PjBL)

Abstract

Matematika merupakan pelajaran wajib yang sudah diajarkan semenjak dasar hingga menengah, matematika dapat melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa.  Namun, banyak siswa yang menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipahami. Siswa cenderung menghindari bahkan takut untuk belajar matematika, sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dan rancangan penelitian The Nonequivalent Postets-Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP IT Al-Markazul Islami, sementara sampelnya yaitu kelas VIII2 dan VIII3 dengan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kreatif matematis siswa. Analisis data yang dilakukan untuk tes keterampilan berpikir kreatif matematis menggunakan uji-t karena data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai signifikan 0,001 yang artinya tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)  berpengaruh pada keterampilan berpikir kreatif  matematis siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with “Kurikulum Merdeka Belajar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 105. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363

Ariyanto Andy, Sutama, M. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 101–116.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/index

Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2019). ANALISIS PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP/MTs DI KABUPATEN PATI. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601

Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.291

Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388

Kemendikbud. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Menuju Kompetensi Abad 21. Risalah Kebijakan, 1–6.

Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238

Noviyana, H. (2017). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA. Jurnal Edumath, 3(2), 110–117. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i1.2168

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329

Siskawati, G. H., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Online. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 31–42. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/3324

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Vira Amelia, Darmansyah, & Yanti Fitria. (2023). Pemanfaatan Platform Let’s Read Dalam Mendukung Kegiatan Literasi Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08, 2548–6950.

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Downloads

Published

2024-04-30