Analisis Proses Berpikir Kritis Mahasiswa dalam menyelesaikan Soal Aljabar Bilangan Kompleks berdasarkan Kemampuan Matematika

Authors

  • Nuraina Nuraina Universitas Malikussaleh
  • Rohantizani Rohantizani Universitas Malikussaleh
  • Sadriaton Muliana Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2624

Keywords:

Aljabar Bilangan Kompleks, Berfikir Kritis, Kemampuan Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar bilangan komplek berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif yang dilaksanakan di Universitas Malikussaleh, tepatnya pada Program Studi Pendidikan Matematika, yang terdiri dari 25 orang mahasiswa sebagai subjek. Berdasarkan hasil analisis kesalahan dari masing- masing subjek dapat disimpulkan bahwa subjek banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bilangan kompleks, kesalahan yang dilakukan terjadi pada saat subjek menggunakan operasi perkalian, pengurangan dan penjumlahan yang mana materi ini merupakan materi paling dasar dalam pembelajaran matematika dan ada beberapa subjek salah memasukkan nilai yang diketahui pada soal, kemudian ada beberapa subjek yang tidak menentukan hasil akhir sehingga jawabannya dianggap tidak benar. Penyebab mahasiswa melakukan kesalahan tersebut yang ditinjau dari kemampuan matematika diantaranya mahasiswa kesulitan dalam memahami proses operasi perkalian, pengurangan dan penjumlahan yang menjadi materi paling dasar matematika, mahasiswa banyak yang melupakan konsep-konsep dasar matematika tentang operasi perkalian, pengurangan dan penjumlahan, kurangnya latihan mandiri mahasiswa terkait materi dasar matematika dan mahasiswa sering terburu-buru dalam mengerjakan soal dan tidak mengecek ulang jawaban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, H., Purwanto, P., As’ari, A. R., & Sisworo, S. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High School in Solving Mathematical Problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a

Boas, R. P. (2020). Invitation to complex analysis (Vol. 20). American Mathematical Soc.

Benyamin, Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922.

Exacta, A. P., Hadiprasetyo, K., Afghohani, A., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Analisis Kemampuan Problem Solving Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Kompleks Ditinjau Dari Kemampuan Awal. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(2), 80-87.

Hali, F. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Analisis Kompleks Di Tengah Pandemi Covid-19. Sultra Educational Journal, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i2.153

Imayanti, Syarifuddin, & Mikrayanti (2021). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 1-8.

Needham, T. (2023). Visual complex analysis. Oxford University Press.

Nuraina, N., Muliana, M., Mursalin, M., Bangun, M. K. S., & Rahayu, U. P. (2022). Desain Bahan Ajar Berbasis Aktivitas Penalaran Matematis Menggunakan Model Missouri Mathematic Project Mata Kuliah Analisis Kompleks. Numeracy, 9(2), 109-121. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i2.1891

Purwosetiyono, F. X. (2022). Pengantar Analisis Kompleks. Upgris Press

Rachmantika, A. R., & Wardono (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439-443.

Marhami, M., Rohantizani, R., & Nuraina, N. (2020). Improving students’ critical mathematical thinking skills through SAVI approach on number theory lectures at mathematics education Department of Malikussaleh University. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(1), 9-13.

Srivastava, H. M. (2020). Operators of basic (or q-) calculus and fractional q-calculus and their applications in geometric function theory of complex analysis. Iranian Journal of Science and Technology, Transactions A: Science, 44(1), 327-344.

Udil, P. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Analisis Kompleks Berbasis E-Learning. Haumeni Journal of Education, 2(1), 154-166.

Yolanda, F., & Sthephani, A. (2021). Analisis kesalahan mahasiswa pendidikan matematika uir pada penyelesaian analisis kompleks. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1).

Downloads

Published

2024-04-30