Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Di MAN 1 Aceh Barat

Authors

  • Hafriani UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Ulya Fauziah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nazariah Nazariah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Kamarullah Kamarullah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2501

Keywords:

Koneksi Matematis, Problem Based Learning

Abstract

Kemampuan Koneksi matematis salah satu bagian yang penting dalam proses belajar mengajar matematika yang harus dimiliki oleh para peserta didik untuk membantu mereka menyelesaikan berbagai masalah. Namun, fakta bahwa kemampuan ini masih rendah di kalangan siswa menunjukkan bahwa ada cara yang baik untuk meningkatkannya. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah—juga dikenal sebagai problem based learning—dapat diterapkan di dalam proses pembelajaran. Adapun Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana model pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam peningkatan kemampuan pengkoneksian matematis mereka. Metode campuran digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari semua siswa kelas X di MAN 1 Aceh Barat, termasuk siswa MIA 1. Siswa memiliki kemampuan koneksi matematis yang sedang atau rendah, menurut hasil N-Gain. Dari hasil penganalisaan data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan koneksi matematika pada peserta didik, meskipun belum sepenuhnya memenuhi semua indikator yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Citra, D. C. N., Ambarwati, L., & Sampoerno, P. D. (2021). Pengaruh model pembelajaran van hiele dan kecerdasan spasial terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di MAN Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 54-63.

Daud, Siagian Muhammad, 2016, MES (Journal of Mathematics Education and Science) ISSN: 2528-4363, Vol. 2, No. 1

Dwi Ravilla, T., Rahma, R., & Novianti, N. (2023). Pengembangan Video Learning Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Renderforest Pada Materi Pythagoras. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1), 12–18.

Gumelar, W., & Afrilianto, M. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1481-1488.

Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 724-731).

Mikrayanti, “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”, (Suska Journal of Mathematics Education), Vol. 2, No. 2, 2016, Hal. 97-102

Novianti, N., Khaulah, S., & Abdillah, T. R. (2023a). Development of 2D Animation Learning Video Media for the TAPPS Learning Model to reduce Mathematics Phobia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9509–9515. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.4962

Novianti, N., Khaulah, S., & Abdillah, T. R. (2023b). Development of 2D Animation Learning Video Media for the TAPPS Learning Model to reduce Mathematics Phobia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9509–9515. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.4962

Novianti, N., Nuri, B., Husnidar, H., & Khaulah, S. (2024, January 31). Innovation of E-Module Mathematics Teaching Materials Based On Ethnomathematics For Students’ Creative Thinking Abilities. Proceedings of Malikussaleh International Conference On Education Social Humanities And Innovation (Miceshi) .

Mosharafa “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 1, Mei 2016.

Ningrum, H. U., Mulyono, M., Isnarto, I., & Wardono, W. (2019, February). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 679-686).

Nurfitriyanti, M., Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau penalaran matematis pada pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Gantang, 5(1), 19-28.

Rizqi, A. F., Adilla, B. L., & Sulistiyawati, E. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar dan alternatif pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481-488.

Syaripuddin, S., Fauzi, A., & Ariswoyo, S. (2020). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa MTs melalui pendekatan metakognitif. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 55-64.

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39.

Downloads

Published

2024-04-30