Implementasi Graf Kompatibel dalam mengurai Kemacetan dI Persimpangan terparah dI Pekanbaru

Authors

  • Sarbaini Sarbaini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Windylia Saputri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2451

Keywords:

Graf Kompatibel, Lampu lalu lintas, Metode Webster

Abstract

Terdapat satu simpang dengan kepadatan lalu lintas tinggi di Kota Pekanbaru yaitu simpang Jalan Garuda Sakti-Kubang. Manajemen lalu lintas diperlukan untuk mengurangi kemacetan, hal ini juga menjadi tujuan  penelitian ini. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah Graf Kompatibel dan metode Webster. Graf kompatibel terdiri dari dua himpunan sisi yang menunjukkan objek yang akan diatur dan pasangan objek yang kompatibel (sesuai). Penelitian ini menggunakan data primer yang menjadi objek penelitiannya ialah banyaknya kendaraan dan jumlah lajur di persimpangan Jalan Garuda Sakti-Kubang. Dengan penggunaan teori graf kompatibel didapat hasil durasi lampu lalu lintas yang optimal, yaitu untuk Jalan Garuda Sakti (utara), lampu merah berdurasi 48 detik, lampu kuning berdurasi 3 detik, lampu hijau berdurasi 11 detik, untuk Jalan Raya Pekan (timur), lampu merah berdurasi 48 detik, lampu kuning berdurasi 3 detik, lampu hijau berdurasi 11 detik, untuk Jalan Kubang Raya (selatan), lampu merah berdurasi 45 detik, lampu kuning berdurasi 3 detik, lampu hijau berdurasi 14 detik, terakhir untuk Jalan Raya Pekanbaru-Sungai Pagar (barat), lampu merah berdurasi 33 detik, lampu kuning berdurasi 3 detik, lampu hijau berdurasi 26 detik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshari, A. A. (2021). Optimasi Waktu Tunggu Lampu Lalu Lintas Menggunakan Metode Graf Kompatibel untuk Mengurangi Kemacetan di Simpang Empat Jalan Semplak, Bogor.

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota (Jiwa), 2021-2023. https://riau.bps.go.id/indicator/12/32/1/penduduk-kabupaten-kota.html

Chairani, C., Jaya, I., & Cipta, H. (2021). Optimasi Waktu Tunggu Total Dengan Metode Webster dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Persimpangan Jalan Kolonel Yos Sudarso. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 175–180.

Farida, Y., Fanani, A., Purwanti, I., Wulandari, L., & Zaen, N. J. (2020). Pemodelan Arus Lalu Lintas Dan Waktu Tunggu Total Optimal Di Persimpangan Jl. Jemur Andayani Ahmad Yani Sebagai Upaya Mengurai Kemacetan. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 389–398.

Sarbaini, S. (2022a). Modeling of Traffic Flow Schemes at Road Intersections in Pekanbaru City Using Compatible Graphs. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 11(2), 213–222.

Sarbaini, S. (2022b). Perbandingan Penerapan Graf Kompatibel Dengan Realita Dilapangan Dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas Persimpangan Bandara Pekanbaru. MAp (Mathematics and Applications) Journal, 4(2), 85–93.

Sendow, E. S., Sulistyaningsih, M., & Monoarfa, J. F. (2023). Optimasi Waktu Tunggu Lampu Lalu Lintas dengan Mengaplikasikan Teori Graf dan Metode Webster. Journal on Education, 6(1), 2272–2284.

Setiawati, D., Safira, D., & Kartika, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 51–58.

Shulhany, A., Agusutrisno, A., & Fardillah, F. (2021). Dimensi Metrik Pada Graf Calendula (Cl_ (3, n)). Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 7–9.

Widyastiti, M., & Sumarsa, A. (2023). Implementasi Simultaneous Pick Up and Delivery Vehicle Routing Problem with Time Windows Menggunakan Integer Non-Linier Programming. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 84–93.

Downloads

Published

2024-04-30