Aksiologi Filsafat Matematika

Authors

  • Rahmy Zulmaulida
  • Hera Maulizar IAIN Lhokseumawe
  • Edy Saputra IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2444

Keywords:

Aksiologi, Filsafat, Matematika, Pendidikan , Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi kontribusi aksiologi dalam konteks filsafat matematika dengan fokus pada dampaknya terhadap pendidikan matematika yang lebih etis dan efektif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan penelitian literatur. Penelitian ini menganalisis peran nilai-nilai etika dalam pengajaran matematika dan bagaimana pendidikan matematika dapat memperkaya pemahaman etika dan nilai-nilai matematika. Selain itu, penelitian ini juga mengulas dampak pemahaman tentang aksiologi pada persepsi masyarakat tentang matematika, dengan harapan meningkatkan kesadaran akan hubungan erat antara nilai-nilai dan etika dalam matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman aksiologi memberikan panduan berharga untuk pengembangan pendidikan matematika yang lebih etis dan efektif. Selain itu, pemahaman tentang aksiologi juga memengaruhi cara masyarakat melihat matematika, menciptakan kesadaran akan hubungan yang kuat antara nilai-nilai dan etika dalam disiplin ini. Hasil ini memiliki implikasi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan memasukkan nilai-nilai etika dalam praktik matematika, sehingga menjembatani kesenjangan antara filsafat dan praktik matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadli, M. R. (2021). Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan dan relevansinya di era revolusi industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130–161.

Fairus, F., Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Keterkaitan Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 538–549. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1921

Madani, A. B. (2015). Pemikiran Filsafat Al-Kindi. Lentera, 17(2).

Marliani, M. (2021). MATEMATIKA DALAM AKSIOLOGI: Mathematics In Axiology. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 26–31.

Marsigit, M. A. (2004). MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI FILOSOFIS MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENUJU ERA GLOBAL. Stadium Generale UIN.

Mubarok, M. S. (2022). AKSIOLOGI MATEMATIKA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1).

Nawawi, N. (2017). Tokoh Filsuf Dan Era Keemasan Filsafat. Journal of Chemical Information and Modeling.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28.

Zalukhu, A., Herman, H., Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Naibaho, T., & Simanjuntak, R. (2023). Kedudukan dan Peran Filsafat dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(3), 6054–6062.

Downloads

Published

2024-04-30