Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2404Keywords:
Metode Penemuan Terbimbing, Pemecahan Konsep, Pemecahan MasalahAbstract
Pentingnya pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika sehingga mampu melahirkan siswa yang berpikir kritis, kreatif, produktif, belajar mandiri, bertanggungjawab, bisa bekerjasama, mencari dan memanfaatkan informasi, serta siap menghadapi perubahan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah disain Pretest-Posttes Control Group Design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik sebagai berikut: (1) data yang berkaitan dengan pemahaman konsep siswa dikumpulkan dengan melalui tes (pretes dan postes); (2) data yang berkaitan dengan sikap siswa dalam belajar matematika sebagai akibat pembelajaran metode penemuan dikumpulkan melalui angket skala sikap dan lembar observasi. Teknik analisis data statistik yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing lebih baik. Siswa yang belajar dengan metode penemuan terbimbing menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika. Berdasarkan temuan penelitian, maka pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Downloads
References
Azizah, N., Budiyono, B., & Siswanto, S. (2021). Kemampuan Awal : Bagaimana Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras? Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3662
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Hakim, L., & Noer, S. H. (2021). Penggunaan Multimedia Berbantuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Metode Penemuan Terbimbing. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3499
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1). https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan.
Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Siaran Pers Nomor: 397/Sipres/A5.3/XII/2019.
Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021.
Pranitasari, D., & Ratu, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa Pada Konten Change And Relationship. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685
Romadon, S., & Mahmudi, A. (2019). Penerapan Pendekatan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1684
Sarah, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2017). Desain Didaktis Konsep Volume Limas pada Pembelajaran Matematika SMP Berdasarkan Learning Trajectory. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1).
Tahir, T., & Kurniawan, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3003
Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728
Tohir, M. (2016). Hasil PISA Indonesia tahun 2015 mengalami peningkatan. Tersedia Online: Https://Matematohir.Wordpress.Com/2016/12/08/Hasil-Pisa-Indonesiatahun-2015-
Azizah, N., Budiyono, B., & Siswanto, S. (2021). Kemampuan Awal : Bagaimana Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras? Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3662
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Hakim, L., & Noer, S. H. (2021). Penggunaan Multimedia Berbantuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Metode Penemuan Terbimbing. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3499
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1). https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan.
Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Siaran Pers Nomor: 397/Sipres/A5.3/XII/2019.
Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021.
Pranitasari, D., & Ratu, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa Pada Konten Change And Relationship. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685
Romadon, S., & Mahmudi, A. (2019). Penerapan Pendekatan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1684
Sarah, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2017). Desain Didaktis Konsep Volume Limas pada Pembelajaran Matematika SMP Berdasarkan Learning Trajectory. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1).
Tahir, T., & Kurniawan, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3003
Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728
Tohir, M. (2016). Hasil PISA Indonesia tahun 2015 mengalami peningkatan. Tersedia Online: Https://Matematohir.Wordpress.Com/2016/12/08/Hasil-Pisa-Indonesiatahun-2015-Mengalami-Peningkatan/ [08 Desember 2016], 1(1).
Tohir, M. (2019a). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018. Paper of Matematohir, 2(1).
Tohir, M. (2019b). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir.
Tohir, M. (2019c). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Indonesia’s PISA Results in 2018 are Lower than 2015). Open Science Framework, 2(January).
Yusuf M, A. Y., & Yastuti, H. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING. Cakrawala Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.55678/jci.v6i2.536
Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Research and Development Journal of Education, 6(1), 18-27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asrul Karim; Eva Faridah, Edi Surya, Nurdin Bukit, Idawati Idawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.