Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2334Keywords:
Aktivitas Siswa, Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Konsep, Contextual Teaching and LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan aktivitas serta respon belajar siswa ketika diterapkannya model CTL berbasis etnomatematika. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 23 Singkawang pada semester genap tahun 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 23 Singkawang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-dua sampel, persentase aktivitas, dan persentase respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep setelah diterapkannya model CTL berbasis etnomatematika dan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang. Perbedaan peningkatan tersebut ditandai dengan nilai yaitu 0,1429 < 2,005. Aktivitas siswa tergolong sangat tinggi setelah diterapkannya model CTL berbasis etnomatematika, diperoleh persentase 80,36% dengan kategori sangat tinggi dan persentase respon siswa mencapai 89% dengan kategori sangat baik terhadap model CTL berbasis etnomatematika, Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model CTL berbasis etnomatematika di SD Negeri 23 Singkawang.
Downloads
References
Cwikla, J. (2007). The trials of a poor middle school trying to catch up in mathematics: Teachers’ multiple communities of practice and the boundary encounters. Education and Urban Society, 39(4). https://doi.org/10.1177/0013124507302464
Edo, D. J., Utama, E. G., & Anitra, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 5(1).
Ismatunsarrah, I., Ridha, I., & Hadiya, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas di SMAN 1 Peusangan. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1). https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14567
Maulidasari, M., & Novianti, N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Konsep Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture. Jurnal Asimetris, 3(2), 90–94. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1560
Novianti, N., Khaulah, S., & Abdillah, T. R. (2023). Development of 2D Animation Learning Video Media for the TAPPS Learning Model to reduce Mathematics Phobia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9509–9515. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.4962
Novianti, N., Salpina, S., & Abdillah, T. R. (2023). Pembelajaran guru SLB dalam mendesain media e-modul of math berbasis kearifan lokal. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 499–507. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20519
Nurhasanah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Papan Musi ( Multi Fungsi ) pada Materi KPK dan FPB Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 61–65.
Nurhayati, N., & Novianti, N. (2020). PENGARUH SPSS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA DESKRIPTIF. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2609
Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1081
Rahmawati, T. R. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Satira, U., Novianti, N., & Khaulah, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Learning With Team Quiz Menggunakan Media E-Modul. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2316
Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ega Ega; Rika Wahyuni, Rien Anitra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.