Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Learning With Team Quiz Menggunakan Media E-Modul

Authors

  • Ulva Satira Universitas Almuslim
  • Novianti Novianti Universitas Almuslim
  • Siti Khaulah Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2316

Keywords:

Strategi Learning With Team Quiz, Hasil Belajar, ; E-Modul

Abstract

Meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi salah satu tujuan penelitian ini melalui strategi Learning With Team Quiz menggunakan media e-modul pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Blang. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis Quasi Eksperimen Design. Bentuk desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dilakukan di kelas VIII/1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII/2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa soal tes dalam bentuk essay. Data penelitian ini diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen 83,40 dan kelas kontrol 73,26. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, terlihat bahwa nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kriteria tinggi dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,67 dengan kriteria sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melaului strategi Learning With Team Quiz menggunakan media e-modul pada materi SPLDV di SMP Negeri 1 Kuta Blang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Ravilla, T., Rahma, R., & Novianti, N. (2023). Pengembangan Video Learning Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Renderforest Pada Materi Pythagoras. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1), 12–18.

Etanastia, D., Noviyana, H., & AB, J. S. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. JURNAL E-DuMath, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.52657/je.v8i1.1640

Fajriati, N., Novianti, N., & Apriani, W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan menggunakan Metode Ekspositori pada Materi Trigonometri. Jurnal Asimetris, 2(2), 80–85. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.874

Hadinata, S. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Kaureh Kabupaten Jayapura. Journal on Education, 4(4), 1060–1067. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.524

Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.32505/v3i2.1366

Khaulah, S., Novianti, & Nurazmah. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MATEMATIKA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 2 PEUSANGAN. VII(2), 65–68.

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Improving Student Activities and Thematic Learning Outcomes through Team Quiz Learning Strategies and Cross Puzzle Media. International Journal of Elementary Education, 3(2).

Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN. Medan: Perdana Publishing.

Novianti, N., & Khaulah, S. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Jurnal Asimetris, 3(1), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1277

Novianti, N., Khaulah, S., & Rahma, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environment) Pada Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 6(2), 159–166. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4915

Novianti, N., Zaiyar, M., Khaulah, S., Fitri, H., & Jannah, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2369–2375. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5370/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Nurhayati, N., & Novianti, N. (2020). PENGARUH SPSS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA DESKRIPTIF. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2609

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Sara, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Active Learning Tipe Quiz Team Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII-1 Di SMP Negeri …. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 158–167.

Sari, S., Loliyana, & Perdana, R. (2022). [Implementasi Strategi Team Quiz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika]. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 157–169.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Downloads

Published

2023-10-31