Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2297Keywords:
Probing Prompting., , Kemandirian Belajar Siswa., Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Singkawang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Singkawang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 23 siswa dan VIII C yang berjumlah 23 siswa. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk desain Quasi Experimental pada bentuk The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal posttest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t, Effect Size, uji lienaritas, uji keberartian regresi, analisis regresi sederhana, uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai Effect Size sebesar 1,01 artinya model pembelajaran Probing Prompting memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, 2) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 56,88%.
Downloads
References
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Dwi Ravilla, T., Rahma, R., & Novianti, N. (2023). Pengembangan Video Learning Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Renderforest Pada Materi Pythagoras. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1), 12–18.
Fajriati, N., Novianti, N., & Apriani, W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan menggunakan Metode Ekspositori pada Materi Trigonometri. Jurnal Asimetris, 2(2), 80–85. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.874
Harahap, R. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Korespondensi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).
Inayah, S. (2018). Penerapan pembelajaran kuantun untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Laili, F. J., & Puspasari, R. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(2). https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i2.951
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). PENGEMBANGAN e-LKPD BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan model pembelajaran probing proompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Journal of Mathematics Education and Science), ISSN(2).
Mz, Z. A., & Angela, F. (2020). Penerapan Model Probing-Promting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1).
Novianti, & Khaulah, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Berbantuan Alat Peraga Papan Turunan. Jurnal Pendidikan Almuslim, VIII(1).
Novianti, N., Khaulah, S., & Apriani, W. (2020). The Influence of the AMONG System-based Mathematics Learning Model Towards the Students’ Ability in Learning Independence at Elementary School Students. Proceedings of the 1st International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICoRSH 2020), Advances in Social Science, Education and Humanities Research. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.211102.057
Novianti, N., Khaulah, S., Rahmi, R., Marnita, M., & Nuri, B. (2023). Pelatihan Penyusunan Instrumen PTK dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru SD Kabupaten Bireuen. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.208
Novianti, N., Zaiyar, M., Khaulah, S., Fitri, H., & Jannah, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2369–2375. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5370/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Oktaviana, D. V., Syafrimen, S., & Putra, R. W. Y. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IX MTs DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA PADA KONTEN PERUBAHAN DAN HUBUNGAN. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.909
Ponoharjo, P., Wikan, W. B. U., & Fikri, F. A. (2019). Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Analisis Kesalahan Menggunakan Newman Procedure. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.1428
Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1). https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028
Sari, S., Loliyana, & Perdana, R. (2022). [Implementasi Strategi Team Quiz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika]. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 157–169.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lusiani Lusiani; Citra Utami, Mariyam Mariyam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.