Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Paket C
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2271Keywords:
Android, Mobil Learning, Meningkatkan Minat BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini mengembangkan mobile learning berlandas Android dengan memanfaatkan Microsoft Powerpoint Add-Ins i-Spring Suite guna mendukung proses pembelajaran, agar meningkatkan minat dan keinginan belajar siswa Paket C. Pengembangan mobile learning berlandas Android menggunakan 4P: 1) Pendefinisian; 2) Perancangan; 3) Pengembangan; 4) Penyebaran. Validator pengembangan media terdiri dari validator materi, pakar media serta pakar pengguna. Hasil penghitungan pakar materi memperoleh keseluruhan 62 dengan persentase kepantasan 83% termasuk bagian “sangat layak”. Sebaliknya pakar media memperoleh keseluruhan 60 dengan persentase kelayakan sebesar 86% termasuk bagian “sangat layak”. Sebaliknya penghitungan pakar pengguna memperoleh keseluruhan 62 dengan persentase kelayakan sebesar 83% termasuk dalam bagian “sangat layak”. Disimpulkan jika mobile learning berlandas Android pada mata pelajaran matematika modul trigonometri “sangat layak” dipergunakan. Pengembangan media berlandas Android mampu dijalankan pada seluru tipe Android atau tipe situs, aplikasi mampu dijalankan pada seluruh resolusi layar, aplikasi bisa dibuka kapanpun serta dimanapun, mampu jadi sarana berlatih buat pelajar materi trigonometri.
Downloads
References
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952
Cahayana, R., Izzati, N., & Rosmery, L. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Meny Elesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Kelas X Di Smk Negeri 2 Tanjungpinang. 1(2).
Fina Fitriya, F., & Faizah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Trigonometri. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.108
Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868
Hulwani, A. Z., Pujiastuti, H., & Rafianti, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2255–2269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.717
Ikmawati, I., & Badariyah, A. N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Matriks Untuk Kelas X SMK Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.139
Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805
Kristanti, D., & Julia, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 4(1).
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita, 11(1), 38. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07
Pakaya, Y. (n.d.). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Kedondong Samarinda. 1(2).
Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.
Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. 3.
Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., & Kirana, J. (n.d.). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4D Pada Guru Sekolah Dasar.
Sari, R. M., & Hapizah, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Android untuk Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 161–172. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25278
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 3(2).
Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156–168. https://doi.org/10.21009/JTP1803.2
Thiagarajan,dkk, 1974. Model Pengembangan 4D
Waskito, D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. 9(1).
Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash Cs6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ikmawati Ikmawati, Mohammad Yusuf, Firnanda Pradana Putra, Dwi Rizki Ramadhan, Nur Insan Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.