Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Menggunakan Metode Newman

Authors

  • Nuraina Nuraina Universitas Malikussaleh
  • Rohantizani Rohantizani Universitas Malikussaleh
  • Muzaifa Suryani Hawa Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2265

Keywords:

Faktor Kesalahan, Kesalahan Siswa, Metode Newman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan berbagai jenis kesalahan yang dilakukan siswa Jabal Nur dari kelas XI-1 MAS ketika mereka menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita materi barisan dan deret yang menggunakan metode Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Siswa kelas XI-1 MAS Jabal Nur, totalnya 22 siswa, adalah subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) persentase kesalahan membaca siswa sebesar 46,25%  (b) persentase kesalahan memahami masalah sebesar 77,5%, (c) persentase kesalahan transformasi sebesar 45%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses sebesar 45%, dan (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 61,25%. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa  adalah tidak terlalu memahami maksud dari soal, tidak mengetahui permasalahan yang terdapat pada soal, lupa menuliskan jawaban, terburu-buru dalam menuliskan jawaban, tidak paham dengan rumus yang seharusnya digunakan, tidak teliti dalam melakukan operasi perhitungan, terjadi kesilapan ketika menentukan hasil akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Pra ktik. Jakarta.

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal UNY, Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008, 229.

Idris, N., & Khaulah, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AMORA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2198

Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1). https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035

Kanata, M., Noviyanti, P. L., & Payadnya, I. P. A. A. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DIKELAS VIII 9 SMP NEGERI 7 DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.36733/pemantik.v2i2.5098

Marhami, M., Rohantizani, R., & Nuraina, N. (2020). Improving Students’ Critical Mathematical Thinking Skills Through SAVI Approach on Number Theory Lectures At Mathematics Education Department of Malikussaleh University. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8). https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i1.2020

Marpaung, N. Q. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika di MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Utara. In Energies (Vol. 6, Issue 1).

Mega, A. P. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Geometri Berdasarkan Taksonomi Solo Kelas VII MTS Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponti. BMC Public Health, 5(1).

Mukhadis, A. (2013). SOSOK MANUSIA INDONESIA UNGGUL DAN BERKARAKTER DALAM BIDANG TEKNOLOGI SEBAGAI TUNTUTAN HIDUP DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1434

Novianti, N., & Khaulah, S. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Jurnal Asimetris, 3(1), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1277

Nuraina, N., Muliana, M., Nufus, H., & Zahara, S. R. (2022). Developing Students’ Worksheet Based Missouri Mathematics Project With the integration of Students Local Wisdom in Teaching Mathematics and Physics. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1134

Ponoharjo, P., Wikan, W. B. U., & Fikri, F. A. (2019). Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Analisis Kesalahan Menggunakan Newman Procedure. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.1428

Surya, I. T. M., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan Newman Di Kelas VII SMP NU Bululawang. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(1). https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3058

Tekaeni, I., Supandi, S., & Setyawati, R. D. (2020). Deskripsi Newman’s Error Analysis dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Peserta Didik Kelas Viii D SMP Institut Indonesia Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5758

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Downloads

Published

2023-10-31