Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Gaya Belajar Siswa MTsN 3 Aceh Timur

Authors

  • Yenny Suzana Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • M Zaiyar Zaiyar IAIN Langsa
  • Nurfazillah Nurfazillah Institut Agama Islam Negeri Langsa

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2258

Keywords:

Gaya Belajar, Kemampuan Komunikasi, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar siswa MTsN.  Kemampuan komunikasi matematis diperlukan bagi siswa MTsN sehingga siswa dapat memahami dan menyampaikan konsep/ide matematika.Gaya belajar perlu diketahui bagi seorang guru dalam upaya meningkatkan pembelajaran matematika di MTs. Populasi adalah seluruh siswa MTs Negeri 3 Aceh Timur, Provinsi Aceh. Sampel berjumlah 28 siswa kelas VIII MTs N 3 Aceh Timur dengan gaya belajar yang berbeda dan memiliki prestasi belajar heterogen. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Untuk pengelompokan gaya belajar digunakan tes gaya belajar berupa angket. Tes kemampuan komunikasi matematis dikembangkan berdasarkan kisi-kisi kemampuan komunikasi matematis bentuk uraian sebanyak 5 soal tentang kubus dan balok, serta instrumen wawancara. Teknik analisis data secara kualitatif dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa kelas VIII MTsN 3 Aceh Timur memiliki gaya belajar yang bervariasi dengan kategori: siswa dengan gaya belajar visual 32,14%, auditorial 13,28%, dan kinestetik 21,42%. Selanjutnya kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 3 diperoleh rata-rata adalah 51,94 kategori cukup. Siswa MTsN 3 Aceh Timur dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis 88,88% pada level tinggi. 50% siswa gaya belajar auditori memiliki kemampuan komunikasi matematis termasuk pada level sedang dan 66,66% siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan komunikasi matematis termasuk level sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaudhry, N. A., Ashar, A., & Ahmad, S. A. (2020). ASSOCIATION OF VISUAL, AURAL, READ/WRITE, AND KINESTHETIC (VARK) LEARNING STYLES AND ACADEMIC PERFORMANCES OF DENTAL STUDENTS. Pakistan Armed Forces Medical Journal, 70.

De Porter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Terjemahan). In Kaifa, PT. Mizan Pustaka (Vol. 17, Issue 2).

Faridah, M., Mohd Razimi, H., & Nurulhuda, M. H. (2022). Gaya Pembelajaran: Visual, Auditori dan Kinestetik. Journal of Humanities and Social Sciences, 4(1).

Kurniati, A., Fransiska, & Wika Sari, A. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(2).

Kurniawan, F. X. K., Admoko, S., & Deta, U. A. (2021). Development of Wee Gemas Learning Media Based on Student Learning Styles for Physics Subjects. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1). https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p137-143

Masela, M., & Subekti, A. S. (2021). Auditory and kinaesthetic learning styles and L2 achievement: A correlational study. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 8(2). https://doi.org/10.22373/ej.v8i2.7529

Oluremi, F. D. (2015). Learning Styles among College Students. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), 5(4).

Purwati, H., & Wuri, D. E. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Gaya Belajar Kompetitif. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 17–23. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i2.155

Putri, M. E., . M., & Saputro, D. R. S. (2019). The Effect of Application of REACT Learning Strategies on Mathematics Learning Achievements: Empirical Analysis on Learning Styles of Junior High School Students. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 231–237. https://doi.org/10.24331/ijere.518065

Saputri, D. (2020). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Sheromova, T. S., Khuziakhmetov, A. N., Kazinets, V. A., Sizova, Z. M., Buslaev, S. I., & Borodianskaia, E. A. (2020). Learning styles and development of cognitive skills in mathematics learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(11). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8538

Downloads

Published

2023-10-31