Implementasi Simultaneous Pick Up and Delivery Vehicle Routing Problem with Time Windows Menggunakan Integer Non-Linier Programming

Authors

  • Maya Widyastiti Universitas Pakuan
  • Amar Sumarsa Universitas Pakuan Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2257

Keywords:

Batasan Waktu, Integer Non-Linier Programming, Rute Kendaraan, Pengantaran dan Pengambilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan variasi dari model Vehicle Routing Problem (VRP) untuk melakukan pendistribusian suatu barang, Rute yang dirancang untuk menentukan banyaknya kendaraan yang digunakan dan rute terpendek pendistribusian. Model Pickup and Delivery Vehicle Routing Problem with Time Windows (PDVRPTW) dimodelkan dalam bentuk Integer Non-Linear Programming, dan diselesaikan menggunakan metode Branch and Bound. Model ini digunakan karena dapat menghasilkan solusi dalam menyelesaikan masalah optimisasi rute dengan batasan tertentu. PDVRPTW merupakan permasalahan rute kendaraan dimana setiap konsumen terjadi pengiriman dan pengambilan barang sekaligus dan terdapat batasan waktu. Hasil yang diperoleh sebanyak 4 kendaraan yang digunakan. Jarak tempuh terpendek sebesar 26816 meter. Jarak tempuh kendaraan 1 sebesar 5299 meter, kendaraan 2 sebesar 6546 meter, kendaraan 3 sebesar 6684 meter dan kendaraan 4 sebesar 8287 meter. Hasil penentuan rute menggunakan metode Branch and Bound memberikan rute yang lebih baik, dimana jarak pengiriman dapat dihemat sebesar 2575 meter atau 9,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adewumi, A. O., & Adeleke, O. J. (2016). A new model for optimizing waste disposal based on customers’ time windows and road attributes. Applied Mathematical Sciences, 10, 2051–2063. https://doi.org/10.12988/ams.2016.63114

Garside, A. K., & Cahyanti, D. N. (2018). Penyelesaian Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pick Up and Delivery dengan Algoritma Tabu Search. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(2), 125. https://doi.org/10.23917/jiti.v17i2.6703

Karim, M. K., Setiawan, B. D., & Adikara, P. P. (2018). Optimasi Vehicle Routing Problem With Time Windows (VRPTW) Pada Rute Mobile Grapari (MOGI) Telkomsel Cabang Malang Menggunakan Algoritme Genetika. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(8), 2702–2709.

Kristina, S., Sianturi, R. D., & Husnadi, R. (2020). Penerapan Model Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) Menggunakan Google OR-Tools untuk Penentuan Rute Pengantaran Obat pada Perusahaan Pedagang Besar Farmasi (PBF). Jurnal Telematika, 15(2), 101–106.

Nur, W., & Abdal, N. M. (2017). Penggunaan Metode Branch and Bound dan Gomory Cut dalam Menentukan Solusi Integer Linear Programming. SAINTIFIK, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i1.91

Putri, D. A. P. (2017). Vehicle Routing Problem Dengan Time Window Untuk Multiple Product Dan Multiple Route Menggunakan Algoritma Sequential Insertion. Jurnal Teknik Industri, 17(1), 22. https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol17.No1.22-30

Raipuriya, M., & Gupta, R. (2020). On Vehicle routing Problem using Mixed Integer Non-Linear Programming. International Journal for Research in Engineering Application & Management, 06(01), 32–34. https://doi.org/10.35291/2454-9150.2020.0251

Widyastiti, M., & Awaludin, M. (2021). Implementasi Vehicle Routing Problem with Multiple Trips pada Masalah Pengangkutan Sampah. Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, 18(1), 45–56. https://doi.org/10.12962/limits.v18i1.6038

Widyastiti, M., & Kamila, I. (2020). Model Vehicle Routing Problem Dalam Menentukan Banyaknya Rute Dan Armada Pengangkutan Sampah Di Kota Bogor. EKOLOGIA, 19(1), 39–43. https://doi.org/10.33751/ekol.v19i1.1661

Downloads

Published

2023-10-31