Perspektif Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2197Keywords:
Pendidikan Matematika, Persepsi, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perspektif mahasiswa terhadap pembelajaran model project-based learning (PjBL) pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah 81 mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 3. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilaksanakan menggunakan instrumen dalam bentuk angket, pertanyaan terbuka, dan wawancara. Perspektif mahasiswa terhadap kualitas pembelajaran, motivasi, dan kinerja digali melalui angket yang hasilnya dikaji menggunakan analisis statistik deskriptif. Informasi tentang kendala yang dihadapi dan manfaat dalam pelaksanaan tugas proyek digali melalui pertanyaan terbuka yang disampaikan kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa mahasiswa memiliki perspektif positif terhadap penerapan model Project Based Learning pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika. Mahasiswa bahwa Project Based Learning memiliki dampak positif terhadap kualitas pembelajaran, motivasi dan kinerja. Mereka meyakini bahwa tugas yang dijalankan berupa pembuatan perangkat pembelajaran matematika dapat membantu memahami materi perkuliahan, meningkatkan motivasi dalam pembelajaran serta memberikan pengalaman berkolaborasi yang luar biasa dengan anggota yang lainnya.
Downloads
References
Admawati, H., & Mutia, N. B. (2023). Perspektif Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Dengan Model Project-Based Learning Pascapandemi Covid-19 Pada Kegiatan Penyusunan Modul Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 302–315. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1481
Agus Susanta, E. S. R. (2020). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 61. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2219
Budiarti, M., Ferguson-patrick, K., Macqueen, S., & Reynolds, R. (2021). Global Project-Based Learning as an Approach to Teaching the 4Cs in Schools Indonesia Corresponding author : Suzanne.macqueen@newcastle.edu.au © 2012 / 2023 National Council for Social Studies International Assembly Corresponding author : Suzanne.macqueen. Journal of International Social Studies, 11(1), 33–62. http://www.iajiss.org/index.php/iajiss/article/view/609%0Ahttps://www.iajiss.org/index.php/iajiss/article/download/609/431
Chen, J., Kolmos, A., & Du, X. (2021). Forms of implementation and challenges of PBL in engineering education: a review of literature. European Journal of Engineering Education, 46(1), 90–115.
Hastasasi, W. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, April, 118.
Hendriyani, M., Artini, N. M., & Tatyana, T. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 10(2), 13–21. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol10no2.128
Hussein, B. (2021). Addressing collaboration challenges in project-based learning: The student’s perspective. Education Sciences, 11(8). https://doi.org/10.3390/educsci11080434
Lesmana, C., & Jaedun, A. (2015). Efektivitas model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 161–170. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6382
Manik, M., & Sinaga, H. (2021). Upaya Mengatasi Learning Loss Selama Pandemi Covid-19 di Daerah Tertinggal. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 1(005), 197–208. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php.jpsa/index%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpsa/article/view/21231
Muhammad, M. (2020). Promoting students’ learning motivation through project-based learning using Muvizu in 21st-century education. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 899–908. https://doi.org/10.18844/CJES.V15I5.5120
Muthmainnah, A., & Rohmah, S. (2022). Learning loss: analisis pembelajaran jarak jauh. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 969–975. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2662/pdf
Ngereja, B., Hussein, B., & Andersen, B. (2020). Does project-based learning (PBL) promote student learning? a performance evaluation. Education Sciences, 10(11), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci10110330
Pradanti, P., & Muqtada, M. R. (2023). Students’ perceptions on learning, motivation, and performance through project-based learning: undergraduate students’ case. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 16–26. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i1.5011
Prameshwari, A., Hartati, R. S., & Sudarma, M. (2018). Genetic K-Means Algorithms, ASSU Analisis Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran ASSURE berbasis Project-Based Learning. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 17(3), 409. https://doi.org/10.24843/mite.2018.v17i03.p16
Rachman, M. & M. (1999). Konsep dan Analisis Statistik. IKIP Semarang Press.
Ramadanti, E., Mukhlis, I., & Hadi Utomo, S. (2021). Dampak pandemi COVID-19 terhadap pendidikan tinggi di Kota Malang. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(3), 209–218. https://doi.org/10.17977/um066v1i32021p209-218
Rees Lewis, D. G., Gerber, E. M., Carlson, S. E., & Easterday, M. W. (2019). Opportunities for educational innovations in authentic project-based learning: understanding instructor perceived challenges to design for adoption. Educational Technology Research and Development, 67. https://doi.org/10.1007/s11423-019-09673-4
Riski Sovayunanto. (2022). LEARNING LOSS DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Riski Sovayunanto. Mahasiswa BK An-Nur, 8, 12–17.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137.
Shpeizer, R. (2019). Towards a successful integration of project-based learning in higher education: Challenges, technologies and methods of implementation. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1765–1771. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070815
Somphol, R., Pimsak, A., Payoungkiattikun, W., & Hemtasin, C. (2022). Enhancing 4Cs Skills of Secondary School Students Using Project-Based Learning. Journal of Educational Issues, 8(2), 721. https://doi.org/10.5296/jei.v8i2.20367
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/2982
Yang, D., Skelcher, S., & Gao, F. (2021). An investigation of teacher experiences in learning the project-based learning approach. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(4), 490–504. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i4.20302
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 rikza muqtada, Paskalia Pradanti, Subaidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.