Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Konsep Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1560Keywords:
Hasil Belajar, Pecahan, Picture and PictureAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran dan hasil belajar siswa khususnya kelas III SD Negeri 9 Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkataan hasil belajar siswa. hasil yang diperoleh pada saat di lakukan pada siklus I dan SIklus II terjadi peningkatan dari 67,36 % menjadi 95,15% dimana terjadi peningkatan sebesar 26,79 %. Sedangkan hasil observasi kegiatan siswa mencapai 71,45 % meningkat menjadi 93,23 % pada siklus II. Begitu juga dengan hasil kegiatan aktivitas guru pada siklus I mencapai 87,56 % meningkat menjadi 95,47 % terhadap pembelajaran matematika konsep pecahan sangat baik. hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture sangat efektif pada konsep pecahan.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Pra ktik. Jakarta.
Ariyani, B., Wasitohadi, Rahayu, T. S. (2019). Meningkatkan Antusiasme dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Picture and Picture Berbantuan Media Puzzle pada Muatan Matematika , Bahasa Indonesia , dan PPKn Kelas 1 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fatmah, D., Suhartono, S., & Gumono, G. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif dan Induktif dengan Menggunakan Model Picture and Picture di Kelas X Program IPS SMA Negeri 1 Kepahiang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(1). https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.935
Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2).
Novianti, N., & Khaulah, S. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Jurnal Asimetris, 3(1), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1277
Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1081
S, M., Raida, S. A., & Putra, S. H. J. (2021). Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Invertebrata. Journal Of Biology Education, 4(1). https://doi.org/10.21043/jobe.v4i1.9796
Sugiyono. (2011). Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Bandung:Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi (R. K. Ratri (ed.); Cetakan II). Ar-Ruzz Media.
Wahyuni, L., & Huriyati, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.678
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maulidasari Maulidasari, Novianti Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.