Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Media kartu Berwarna
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1558Keywords:
Hasil Belajar, Media Kartu BerwarnaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan kartu berwarna di kelas VI SD Negeri 10 Bireuen dan aktifitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat persentase keberhasilan yang tuntas (37%), siklus I (59,25%), siklus II (88%). Aktifitas guru pada siklus I (69,23%) dan siklus II (89,99%) kemudian aktivitas siswa pada siklus I (60,76%) dan siklus II (89,99%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu berwarna dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktifitas guru dan siswa lebih baik.
Downloads
References
A, A. S., & Hajerah, H. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKATERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19713
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1). https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Gustari, H. (2021). Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Fiqih pada Peserta Didik pada Peserta Didik Kelas VII DI MTS NU Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/13273/
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Tahrim, T., & Azwar, R. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup. http://eprints.unm.ac.id/20720/1/Media Pembelajaran 2.pdf
Husen, S. D. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN NUMERIK PADA ANAK AUTIS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3375
Kumalasari, G. (2021). Fungsi Media dalam Pembelajaran. Replubika Blogger. https://retizen.republika.co.id/posts/15290/fungsi-media-dalam-pembelajaran
Novianti, N., Khaulah, S., & Apriani, W. (2021, November 16). The Influence of the AMONG System-based Mathematics Learning Model Towards the Students’ Ability in Learning Independence at Elementary School Students. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.211102.057
Pranata, O. H., & Respati, R. (2019). Pengaruh Media Kartu Bilangan terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Operasi Pengurangan Bilangan Bulat. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1).
Ramadhina, D. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Visual Gambar Tema 3 Subtema 2 Keberagaman makhluk Hidup di Lingkunganku Kelas IV di SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2020/2021 [UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI]. http://portaluqb.ac.id:808/22/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul Fitri Ibrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.