Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Padang Tualang

Authors

  • Kurnia Ramadani Br Siregar Universitas Malikussaleh
  • Nuraina Nuraina Universitas Malikussaleh
  • Muliana Muliana Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1551

Keywords:

Group Investigation, Komunikasi Matematis Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis  siswa kelas XI SMK Taman Siswa Padang Tualang tahun ajaran 2018/2019 yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan teknik analisis data yang diolah secara kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Taman Siswa Padang Tualang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 2 kelas diantara 4 kelas, yaitu kelas TKR-1 sebagai kelas kontrol dan TKR-2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 32 siswa, jadi sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa. Data diolah dengan menggunakan SPSS Versi 18. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen validitas, reliabilitas, diketahui data valid dan reliabel serta dilakukan uji n-gain kemudian uji normalitas dan homogenitas. Adapun nilai n-gain pada kemampuan komunikasi matematis siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,60 dan 0,36 dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Untuk nilai n-gain pada kemandirian belajar siswa 0,49 untuk kelas eksperimen dan 0,13 untuk kelas kontrol dengan signifikasi 0,000< 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan antara model pembelajaran group investigation dengan metode pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. Evaluasi Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), cet. Ke-4, h, 4.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18.

Hasratuddin, H. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif Dan Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan. CV Iscom Medan.

Mutazam, T. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Pada Siswa Mts (Skerpsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh. Skripsi. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Ranniry.

Musriandi, R. (2013). Model pembelajaran matematika tipe group investigation untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-concept siswa MTs (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ranti, M. G. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan strategi writing to learn pada siswa SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Siregar, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & spss.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-05-16