Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Pecahan Melalui Model Pembelajaran Inside - Outside – Circle

Authors

  • Sarah Rahmadhayani SDN 10 Peusangan
  • Fitria Fika

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1513

Keywords:

Hasil Belajar, Inside – Outside – Circle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas siswa, serta  respon siswa terhadap pembelajaran inside–outside–circle pada materi pembagian pecahan. Lebih lanjut, penelitian ini akan melihat bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi pembagaian pecahan dengan menggunakan model pembelajaran inside–outside–circle. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 10 Peusangan sebanyak 23 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan angket. Untuk mengolah data digunakan statistik presentase. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh data bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mencapai nilai 4,4 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II nilai 4,6 dengan kategori sangat baik. Kemudian teknik analisis data juga dilakukan pada aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas siswa mencapai nilai 3,32 dengan kategori baik, untuk siklus II nilai 3,96 dengan kategori baik pula. Pada hasil belajar siswa siklus I sebanyak  71,42%, dan pada siklus II 100%. Respon siswa mencapai nilai 83,91% dengan kriteria efektif. Beberapa perolehan data tersebut yang bersesuaian  dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan,maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pembagian pecahan dapat lebih meningkat setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inside–outside–circle.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariasih, G. A. N., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inside – Outside – Circle Berorientasi Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Pendidikan Multikultural Indonesia, 1, 28–39.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Pra ktik. Jakarta.

Djamarah, B. S. (2011). Psikologi belajar. In Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fritz, A., Hasse, V. ., & Rasanen, P. (Eds). (2019). International Handbook of Mathematical Learning Dificulties. Springer.

Haryanti, Y. D. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Inside-Outside Circle. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 94–104. https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.337

Jahring, J., & Marniati, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 22–26. https://doi.org/10.26714/jkpm.7.1.2020.22-26

Khaulah, S., & Novianti, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Program Linier Di Kelas XI MAN Peusangan. Jurnal Variasi, 13(1), 25–29. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/vrs.v13i1.502

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. In Jakarta: Kata Pena.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (; Anna, ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Li, Y., & Schoenfeld, A. H. (2019). Problematizing teaching and learning mathematics as “ given ” in STEM education. 9.

Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. In Pasuruan: Ganding Pustaka (Vol. 44, Issue 8).

Ningsih, S. R., & Andriani, S. (2017). 1 1 , 2. 2(2), 88–94.

Novianti, N., & Khaulah, S. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Jurnal Asimetris, 3(1), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1277

Rahmah, N., & Rafika. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle. Journal of Islamic Education Management, 2(1), 1–14.

Sam"s, R. . (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas. Teras.

Suardi, S., Hakim, L. El, & Axiz, T. A. (2022). Kesalahan-kesalahan siswa pada materi pecahan. 2, 418–428.

Suarjana, I. M., Partimi, D. P., & Safitri, P. E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155.

Sudjiono, A. (2008). Pengantar Statiska Pendidikan. Jakatrta: Raja Grapindo Persada.

Wahyudi, D., & Marwiyanti, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 267–292. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2369

Downloads

Published

2023-05-16