Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kecemasan Mengajar Matematika Guru SMP Negeri di Kota Langsa
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1491Keywords:
Pembelajaran Daring, Covid-19, Kecemasan GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kecemasan guru dalam pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan rancangan survey. Dalam penelitian survey informasi dikumpulkan melalui kuesioner yang berbentuk google form, penelitian ini dibatasi dengan data yang di kumpulkan dari sampel untuk mewakili populasi, penelitian ini berbeda dengan sensus yang informasinya dikumpulkan dari seluruh populasi guru matematika di semua SMP di Kota Langsa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan menggunakan berbagai macam aplikasi, meskipun terdapat beberapa sekolah yang tidak memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran, namun guru tetap melaksanakan pembelajaran daring semampu mungkin. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap kecemasan mengajar matematika guru SMP Negeri di Kota Langsa.
Downloads
References
Agus, P., Pramono, R., Masduki, A., Priyono Budi, S., & Laksmi, M. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Amalia, R., Zaki, M., & Agustin, T. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Mahasiswa Melalui Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Dimensi Matematika, 3(01), 172–181. https://doi.org/10.33059/jdm.v3i01.2454
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.
Graham, L. J. (2015). A Little Learning is a Dangerous Thing: Factors Influencing the Increased Identification of Special Educational Needs from the Perspective of Education Policy-makers and School Practitioners. International Journal of Disability, Development and Education, 62(1), 116–132. https://doi.org/10.1080/1034912X.2014.955791
Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 36–48.
Haermina, F., Nur, A., & Novi, A. N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Pada Pembelajaran Daring. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 05(01), 8–17. https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1253
Inayatusufi, C., Hakim, L. El, & Sari, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 28–37.
Lastaria, L., & Istiqlaliyah, I. (2019). Problematika Guru Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pendidikan Inklusi. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(1), 10–23. https://doi.org/10.33084/jhm.v6i1.878
Makur, A. P., Charitas, R., & Prahmana, I. (2015). PENYEBAB KECEMASAN MATEMATIKA MAHASISWA. Jurnal Elemen, 1(1), 1–12.
Melania, E. P., Roesdiana, L., & Haeruddin. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Media Online Era Pandemi Covid-19 Pada Matematika. MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA, 8(2), 17–31.
Nyoman, N., Adi, S., Oka, D. N., Made, N., & Wati, S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. JURNAL IMIAH PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 5(1), 43–48.
Riwanti, R., & Hidyati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter di kelas V Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education, 3(2), 572–581.
Sabaruddin, Marzuki, & Khairunnisak. (2020). Pandemic Covid-19: The Opportunities and Challenges to Using ICT in Mathematics Learning. IJEBD International Journal Of Entrepreneurship And Business Development EISSN 2597-4785 PISSN 2597-4750, 3(4), 409–414.
Septianti, H., & Haerudin, H. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa sekolah menengah pertama dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan saintific. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1066–1070. Kerawang: Department of Mathematics Education, University of Singaperbangsa.
Siti, A., & Muhammad Alif, K. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. JURMIA: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 48–56.
Syaifullah, H., Nugroho, A. P., & Wardhiyani, B. P. (2020). KKN Online UMJ : Terobosan Pembelajaran Berbasis Online di Era Pandemi dan Relevansinya Pasca Pandemi. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–12.
Trilani, S. S., & Sudihartinih, E. (2022). Analisis Kebutuhan Video pada Pembelajaran Matematika Mahasiswa Calon Guru di Masa Pandemi Covid-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 317–330.
Yani, M. P., & Panjaitan, D. J. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMP Negeri 1 Air Putih. MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA, 8(2), 225–237.
Zaharah, Z., & Kirilova, G. I. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104
Zubaidah, A., & Risnawati, R. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika (1st ed.). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 M Zaiyar Zaiyar, Sabaruddin Sabaruddin, Intan Maysarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.