EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6 SAMALANGA

Authors

  • Rifnatul Hasanah Universitas Almuslim
  • Siti Khaulah Universitas Almuslim
  • Husnidar Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i2.148

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pelajaran Matematika, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan selama masa pandemi covid-19. Penggunaan metode-metode yang mampu memberikan dampak pada pembelajaran kelas bagi siswa. Tujuan dalam peneitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada pelajaran matematika selama masa pandemi covid-19 terhadap siswa SMP Negeri 6 Samalanga. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Samalanga berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data pengujian persentase jawaban angket. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan diperoleh bahwa pembelajaran daring pada pelajaran matematik selama pandemi covid 19 sudah sangat diterima dengan persentase sangat setuju (57%), kriteria setuju (35%), kriteria tidak setuju (7%) dan sangat tidak setuju hanya mencapai (1%). Maka dalam hal ini, efektivitas pembelajaran dari sudah sangat baik bagi proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 6 Samalanga yaitu mencapai nilai 92%. Hasil penelitian persentase jawaban angket setiap siswa juga sudah tergolong baik, dari hasil ini secara keseluruhan efektif pembelajaran daring pada pelajaran matematika selama masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 6 Samalanga sudah berada pada kategori baik yaitu mencapai 82%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka. Cipta.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka. Cipta.

Djamarah, S., B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan. Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasan. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia

Ismail & Isjoni. Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.

Keengwe, J., & Georgina, D. 2012. The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365–379.https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x.

Mudjiono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Uno, H. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suprijono. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Sudjana, N. (1990). Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas. Ekonomi UI.

Suryabrata, S. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Riduwan. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik untuk Penelitian. Cetakan 3. Jakarta: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-10-30