PERBEDAAN NILAI UJIAN NASIONAL DAN NILAI UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i2.147Keywords:
Ujian Nasional, Ujian Sekolah, MatematikaAbstract
Nilai Ujian Nasional dan nilai Ujian Sekolah menjadi acuan tersendiri bagi wali siswa dalam memlilih sekolah untuk anaknya menempuh pendidikan, karena keunggulan sekolah juga dapat dinilai dari hasil ujian akhir yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang perbedaan nilai Ujian Nasional dan nilai Ujian Sekolah pada SMAN 2 Peusangan dan MAN 5 Bireuen pada mata pelajaran matematika kelas XII. Metode dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, dan analisis data dengan menggunakan software SPSS versi 17. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 2 Peusangan sebanyak 235 siswa dan yang menjadi sampel sejumlah 150 siswa, sedangkan populasi dalam penelitian di MAN 5 Bireuen sebanyak 103 siswa dan yang menjadi sampel sejumlah 52 siswa. Hasil perhitungan dengan uji t, SMAN 2 Peusangan memperoleh nilai thitung > ttabel atau 77,751 > 1,65251 pada signifikan 5% sehingga H0 ditolak dan H1 diterima Sedangkan untuk MAN 5 Bireuen juga memperoleh nilai thitung > ttabel atau 46,984 > 1,65993 pada signifikan 5% sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan (nyata) dari nilai Ujian Nasional dan nilai Ujian Sekolah di SMAN 2 Peusangan dan MAN 5 Bireuen.
Downloads
References
Asrijanty. (2019). Hubungan Akreditasi Sekolah, Hasil Ujian Nasional, dan Indeks Integritas Ujian Nasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayan, 4 (1). (Online), (https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/732/481/), diakses 16 Juni 2020
Dwiatmoko, A. (2015). Analisis Statistis Data Nilai Ujian Nasional dan Nilai Sekolah Menengah Atas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Widya Teknik, 14 (2). (Online), (https://repository.usd.ac.id/4029/1/2274_analisis_statistis_data_nilai_ujian_nasi.pdf), diakses 18 Juni 2020
Firmantyo, T & Alsa, A. (2016). Integritas Akademik dan Kecemasan Akademik Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi,1 (1), 1-11.
Khairani, A., L & Ismah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Diintegrasikan Dengan Kartu Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2 (1). (Online), (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/download/1642/1394), diakses 16 Juni 2020
Khairunnisa. (2013). “Pengelompokan Sekolah Dasar Berdasarkan Rata-Rata Nilai Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Di Setiap SD/MI di Kota Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode Hierrarkhi Clustering”, Naskah Seminar Kerja Praktek, FMIPA, UII Yogyakarta, (Online), (http://www.academia.edu/4881770/pengelompokan_sekolah_dasar_berdasarkan_ratarata_nilai_ujian_akhir_sekolah_berstandar_nasional_di_setiap_sd_mi_di_kota_yogyakarta_dengan_metode_hierrarkhi_clustering, diakses 15 Juni 2020
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazihah, A. (2016). Perbandingan Nilai Ujian Nasional dan Nilai Ujian Sekolah pada Mata Pelajaran Ekonomi Antara Nilai Siswa di MAN 11 Jakarta dan SMAN 66 Jakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Jakarta. Jakarta
Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2015, (Online), (https://www.kopertis7.go.id/uploadperaturan/5.%20PP%20No%2013%20Tahun%202015%20Standar%20Nasional%20Pendidikan.pdf), diakses 16 Juni 2020
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.