PENERAPAN MODEL TIME SERIES UNTUK MERAMALKAN NILAI UN MATEMATIKA DI MAN 4 BIREUEN TAHUN 2019

Authors

  • Nurhaliza Universitas Almuslim
  • Rahmi Wahyuni Universitas Almuslim
  • Nurhayati Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i2.146

Keywords:

ARIMA, Matematika, Peramalan, UN

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran untuk memperoleh pengetahuan dalam menghadapi persaingan global. Salah satu persaingan dalam pendidikan yaitu Ujian Nasional (UN), sehingga perlu dilakukan suatu peramalan nilai UN Matematika di masa yang akan datang dengan menggunakan model time series. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model peramalan nilai UN Matematika dan mendeskripsikan hasil ramalan nilai UN Matematika di MAN 4 Bireuen tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan model peramalan time series. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen dan analisis datanya dengan menggunakan MINITAB. Adapun hasil dari penelitian ini diperolah tiga model yaitu AR (1), MA (1) dan ARIMA (1, 0, 1) dan setiap model mempunyai nilai Mean Square Error (MSE) yaitu 475, 1190, dan 331. Model ARIMA (1, 0, 1) merupakan model yang tepat digunakan untuk peramalan karena model tersebut memiliki nilai MSE paling kecil. Hasil dari peramalan nilai UN Matematika tahun 2019 dengan menggunakan MINITAB terlihat bahwa rata-rata nilai yang diperoleh 38 dari hasil peramalan menggunakan 30 siswa. Hasil dari peramalannya tidak terlalu baik, akan tetapi dapat dikatakan bahwa hasil UN Matematika pada tahun 2019, dipengaruhi oleh hasil UN Matematika pada tahun 2016 sampai tahun 2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cryer, Jonathan, D., & Kung-Sik, C. (2008). Time Series Analysis with Application in R, second edition. Lowa City: Springer.

Dwitanto, D., S. (2011). Analisis Runtun Waktu untuk Meramalkan Jumlah Pasien yang Berobat di Puskesmas Blora dengan Menggunakan Software Minitab 14. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Fitriani. (2014). Peramalan Curah Hujan Di Kota Makassar Menggunakan Model Arimax. Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Makassar

Hadiansyah, F., N. (2017). Prediksi Harga Cabai dengan Pemodelan Time Series ARIMA. Journal on Computing, 2(1), 71-78.

Husna, A. (2017). Analisis Metode Time Series Untuk Meramalkan Jumlah Pasien Stroke Pada Tahun 2017-2021 di RS Stroke Nasional Bukit Tinggi. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Magz, E. (2017). Forecasting / Peramalan dengan Metode Analisis Time Series Ind. Journal on Computing, 2(1), 71-77.

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 12(2), 177-181.

Nulhakim, I., & Mukhaiyar, U. (2016). Penerapan Analisa Time Series Terhadap Nilai Matematika di SMAS Alfa Centauri Bandung. Prosiding. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMPI) (pp. 835-841). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Peer Teaching Berbantuan aplikasi SPSS terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep pada Materi Statistika. Jurnal Gammath, 5(2), 72-78.

Nurhayati, N., & Apriani, W. (2020). Efektivitas Blended Learning Berbantuan SPSS terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 12-16.

Nurhayati, N., & Wahyuni, R. (2020). Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis Media Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 31-36.

Pamungkas, Muhammad, B., & Wibowo, A. (2018). Aplikasi Metode Arima Box-Jenkins Untuk Meramalkan Kasus DBD Di Provinsi Jawa Timur. The Indonesian Journal of Public Health, 13(2), 181-194

Wahyuni, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Variasi, 4(1).

Siagian, M., D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-10-30