KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALA
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i2.145Keywords:
Covid-19, Kemandirian Belaja, Pembelajaran MatematikaAbstract
Pendidikan merupakan faktor terpenting untuk membentuk pribadi manusia dan karakter bangsa. Bagaimana kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 di kelas XI SMA Negeri 1 Kuala? Kemandirian merupakan salah satu segi dari sifat seseorang, maka dalam mempelajari konsep kemandirian harus dilihat sebagai bagian dari kepribadian individu yang bersangkutan. Selanjutnya, kemandirian belajar adalah kemampuan peserta didik dalam mewujudkan kehendak dan keinginannya secara nyata dengan tidak bergantung pada orang lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 di kelas XI SMA Negeri 1 Kuala. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. penelitian survei adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan angket/kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Angket/kuisioner ini meliputi 4 aspek: (1) Kesadaran berfikir dalam belajar matematika, (2) Pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam diskusi berpasangan dan klasikal, (3) Motivasi dalam belajar matematika, dan (4) Keyakinan dalam belajar matematika. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis persentase. Kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada masa pandemi sudah tergolong baik. Dikarenakan pada aspek kesadaran dalam belajar matematika dalam soal nomor 15, 2, dan 6 yang bersifat positif, banyak siswa yang menjawab sangat setuju. Pada aspek pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam diskusi berpasangan dan klasikal pun, siswa juga banyak menjawab sangat setuju pada soal nomor 7, 8, 4, 5, dan 10 yang bersifat positif. Begitu juga dengan aspek motivasi dalam belajar matematika serta aspek keyakinan dalam belajar matematika, siswa banyak menjawab sangat setuju pada soal-soal yang bersifat positif. Dengan demikian, menandakan bahwa siswa telah mampu beradaptasi pada keadaan pandemi saat ini. Namun, guru yang berperan sebagai pendidik pun masih harus mendampingi siswa dalam proses pembelajaran agar siswa dapat lebih memahami setiap materi yang akan dipelajarinya serta dapat meningkatkan kemandirian dalam pembelajaran matematika khususnya.
Downloads
References
Ahmadi & Supriyono. (2012). Metode Research, Bandung: Alfabeta.
Anisya, N. (2020). Dampak Covid-19 Indonesia Alami Krisis Pendidikan pada Anak-Anak. popmama.com/big-kid/10-12-years-old/ninda/4. Diakses pada 17 Juli 2020
Ardianto. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. https://www.djkn.kemenkeu.go.id. Artikel. Diakses pada 10 Desember 2020
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Azanella, L., A. (2020). Update Virus Corona Dunia 16 Juni, https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/16. Diakses 16 Juni 2020
Gunarto. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta, Bumi Aksara
Hasan, M., I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.
Hendrik, P. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/viewFile/11384/7139. Diakses 30 Juli 2020
Jatmiko, D., P. (2017). Pengantar Manajemen Keuangan. Yogyakarta. Diandara Creatif
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Hindari Lansia dari Covid-19 http://www.padk.kemkes.go.id/article/read. Diakses pada 17 Juli 2020.
Mulyana, A. (2020). Pengertian Kemandirian Belajar Siswa Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. https://ainamulyana.blogspot.com/pengertian-kemandirian-belajar-dan.html. Diakses tanggal 1 Oktober 2020
Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnak. UMT
Nuryana, A. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19. Bandung. Studi Pustaka dan Observasi Online.
Patriana, P. (2007). Hubungan Antara Kemandirian Dengan Motivasi Bekerja. Sebagai Pengajar Les Privat Pada Mahasiswa Di Semarang. Jurnal
Prayuda, R. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/6645/pdf. Diakses pada 27 Juli 2020
Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.
Singarimbun, Masri & Sofian, E. (2006). Metode Penelitian Survei (Editor). LP3ES, Jakarta.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudrajat, M., S. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka.
Sumarmo, U. (2010). Kemandirian belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. http://math.sps.upi.edu/?p=61. Diakses 21 Juli 2020
Supriyanto, H. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid -19. (Online). https://www.harianbhirawa.co.id/. Diakses 21 Juli 2020
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Nasional. Jakarta
Wahyuni, R., & Nurhayati, N. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 78-81.
Wikipedia. (2020). Statistik Penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia. http://en.wikipedia.org/wiki/Template:COVID-19_pandemic_data. Diakses tanggal 1 Oktober 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.