MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GLASSER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP N 1 SAMALANGA

Authors

  • Husnidar Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i2.144

Keywords:

Bangun Ruang Sisi Datar, Glasser, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa merupakan suatu masalah yang mendasar di SMP N 1 Samalanga. Hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal tentang bangun ruang sisi datar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti telah melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran glasser dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran glasser pada materi bangun ruang sisi datar di SMP N 1 samalanga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Samalanga Tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dua kelas yaitu siswa kelas VIII1 dan kelas VIII2 dengan jumlah 48 orang dari keseluruhan populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes. Data hasil tes yang telah terkumpul dianalisis menggunakan statistik uji-t. maka keputusan statistik adalah Ha diterima dan H0 ditolak karena thitung  > ttabel  yaitu 2,23 > 1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model Glasser lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model konvensional. Hasil analisis gain ternormalisasi, disimpulkan bahwa kelas eksperimen (Glasser) memiliki interpertasi tinggi sedangkan kelas kontrol memiliki interpertasi sedang. Jadi pembelajaran dengan menggunakan model Glasser lebih baik daripada pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Hudojo, H. (2001). Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mudyahardjo, R. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. (Jakarta: dep. Pendidikan Matematika)

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Pendidikan No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarti, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam menyelesaikan soal cerita Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(6), 1-9.

Downloads

Published

2020-10-30