PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Dhia Octariani Universitas Islam Sumatera Utara
  • Arie Candra Panjaitan AMIK Medicom Medan

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i2.142

Keywords:

Model Team Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa yang pembelajarannya dengan menerapkan model Team Games Tournament (TGT) pada materi bangun datar kelas VII SMP. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitain adalah lembar angket dan lembar observasi dimana dilakukan pada awal sebelum tindakan dan setelah Tindakan dilakukan. Data penelitian yang dianalisa adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP mengunakan model Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran dengan materi bangun datar dari kategori rendah menjadi kategori tinggi atau menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amat, J. (2007). Penerapan Model Tutor Teman Sejawat Berbasis Internet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Fisika. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: UNY.

Arikunto. S. (2000). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., et al. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Mandiri.

Jumanta, H. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Panjaitan, A., C. & Panggabean, S. (2020). Upaya Meningkatakan Motivasi Belajar Matematika Dengan Model Team Games. MES: Journal of Mathematics Education and Science. ISSN: 2579-6550 (online) 2528-4363 (print) Vol. 5, No. 2, 8-17.

Setiawan, M., A. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Kompetensi Alat Ukur Pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Sedayu Bantul. Skripsi.

Slavin, R., E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Downloads

Published

2020-10-30