Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Pembelajaran Persegi Panjang melalui Pendekatan Konstektual
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1396Kata Kunci:
Hasil belajar, Persegi Panjang, CTLAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Makmur pada pokok bahasan persegi panjang dengan pendekatan konstektual. Pendekatan kontektual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Kegiatan pratindakan dalam penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 september 2020. Adapun kegiatan yang peneliti lakukan pada pratindakan ini adalah memberikan tes awal dengan alokasi waktu 20 menit. Standar Kriteria Ketuntasan Minimium (KKM) dalam penelitian ini adalah 65. Kriteria proses untuk hasil observasi telah mencapai skor ≥ 80%, maka tindakan penelitian ini dinyatakan berhasil. Sedangkan untuk hasil tindakan ≥ 80% murid telah mencapai nilai ≥65% dari tindakan dan dinyatakan telah berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan belajar siswa pada materi persegi panjang khususnya dan pada materi matematika lainnya.
Unduhan
Referensi
Abuddin, N. (2014). Perspektif Islam tentang strategi pembelajaran. Kencana.
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. In Jakarta:Rineka Cipta.
Fajriati, N., Novianti, N., & Apriani, W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan menggunakan Metode Ekspositori pada Materi Trigonometri. Jurnal Asimetris, 2(2), 80–85. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.874
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Matalang, U. K. A., Murdiana, I. N., & Mustamin. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Pembina Liang Pada Pokok Bahasa Luas Segitiga Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Kreatif Tadakulo Online, 2(2), 182–190.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Remaja Rosdakarya.
Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran matematika SD. Universitas Terbuka.
Murniati, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III SDN 31 Lubuk Alung. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 66–72.
Rukmini. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SOAL CERITA BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III-B UPT . Ekasakti Educationa Journal, 2(2).
Setiawan, I. (2010). Contextual Teaching and Learning. In Bandung: Kaifa Learning.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Mutia Mutia, Safrina

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
