Upaya meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan Papan Musi
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1395Keywords:
FPB dan KPK, Papan Musi, CTLAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi FPB dan KPK melalui media papan musi. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kuta Blang semester 1 tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Sumber data diperoleh dari tes, observasi, dan wawancara dengan subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran KPK dan FPB dengan media papan musi melalui pengukuran instrument tes bentuk pilihan ganda dan instrument non tes dengan lembar observasi dan wawancara, pada siklus I persentase sebesar 56% menjadi meningkat pada siklus II persentase sebesar 88%. Terkait hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan musi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi FPB dan KPK.
Downloads
References
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Choiriyanisa, N., Azizah, D., & Fatih’adna, S. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 5(2). https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6111
Khaulah, S., & Novianti, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Program Linier Di Kelas XI MAN Peusangan. Jurnal Variasi, 13(1), 25–29. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/vrs.v13i1.502
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Remaja Rosdakarya.
Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran matematika SD. Universitas Terbuka.
Nasaruddin, N. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30.
Novianti, N., Khaulah, S., & Apriani, W. (2021, November 16). The Influence of the AMONG System-based Mathematics Learning Model Towards the Students’ Ability in Learning Independence at Elementary School Students. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.211102.057
Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Claudia Maharani, S. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298.
Nurhasanah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Papan Musi ( Multi Fungsi ) pada Materi KPK dan FPB Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 61–65.
Rahmadhani, E., Wahyuni, S., & Mandasari, L. (2021). Pendampingan Pembuatan Alat Peraga dan Permainan Matematika dari Barang Bekas untuk Menciptakan Matematika yang Menyenangkan bagi Siswa. Jurnal Abdidas, 2(2), 168–175.
Rahmawati, T. R. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Rahmayanti, N., Yonanda, D. A., & Kurino, Y. D. (2021). Penggunaan Media Papan Musi (Multifungsi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 118–122.
Setyoningsih, W., Adjani, K. M., Pertiwi, U. C., & Ramadhani, A. L. (2022). Pemanfaatan Papan Multifungsi ( MUSI ) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi FPB Dan KPK Di Desa Cokroyasan. Kreasi: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 86–95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wenti Utfiari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.