Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1277Keywords:
Microteaching, Motivasi, Media, Metode PembelajaranAbstract
Pelaksanaan pembelajaran microteaching pada mahasiswa bertujuan untuk mengenal bagaimana membuka pelajaran dengan baik,metode pembelajaran yang digunakan, penguasaan kelas, media pembelajaran, keterampilan berkomunikasi dengan para siswa dan keterampilan menutup pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan rubrik penilaian dan lembar observasi keaktifan para mahasiswa saat tampil mengajar didalam kelas. Perhitungan pada rubrik penilaian microteaching dan lembar observasi diperoleh dengan cara menghitung persentase total perolehan skor dari 7 kriteria yang akan dinilai. Berdasarkan 7 kriteria yang akan dinilai pada saat pelaksanaan microteaching adalah kegiatan membuka pelajaran hasil yang diperoleh adalah sebesar 78,89 % dengan predikat baik, strategi/metode dalam mengajar diperoleh nilai sebesar 87,90 dengan predikat sangat baik, Pemahaman konsep dan isi pelajaran sebesar 86,00 dengan predikat sangat baik, indicator media pembelajaran diperoleh nilai sebesar 76,50 % dengan predikat baik, manajemen kelas atau pengelolaan kelas diperoleh nilai sebesar 75,60 % denga predikat baik, indicator keterampilan berbicara diperoleh nilai sebesar 65, 95% dengan predikat cukup dan indicator yang terakhir adalah kegiatan penutup diperoleh nilai sebesar 68,50 % dengan predikat cukup. Dengan demikian kegiatan pembelajaran microteaching yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim sudah sangat baik, akan tetapi terdapat dua kriteria yang masih adanya Latihan yang sering dan harus lebih focus, diantarnya adalah pada kriteria keterampilan berbicara dan kegiatan penutup.
Downloads
References
Asril, Z. (2017). PROFESI DAN MICROTEACHING BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1). https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i1.634
Fajriati, N., Novianti, N., & Apriani, W. (2021). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI PADA MATERI TRIGONOMETRI. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2). https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.874
Fatwanto, A., Kuswidi, I., Suparni, Kartika, I., Firanti, A., Fahriyah, A. R., & Zamhari, M. (2018). Panduan Praktik Pembelajaran Micro Teaching (VIII). https://www.google.com/search?q=buku+panduan+praktik+pembelajaran+microteaching+uinsuska+&rlz=1C1UEAD_enID1012ID1012&sxsrf=ALiCzsbXPlm9TiHBSmbTOS_GNSQ8HLNO4w%3A1656731273432&ei=iba_YtWCGvaVseMP75KomAc&ved=0ahUKEwiV66n4nNn4AhX2SmwGHW8JCnMQ4dUDCA0&uact=5&oq
Kadri. (2018). Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran. Jurnal Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1).
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).
Nurhasnah, N. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE PEMBELAJARAN LIHAT UCAP DI KELAS I SDN 005 KOTO SENTAJO KECAMATAN SENTAJO RAYA. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(3). https://doi.org/10.33578/pjr.v2i3.5528
Nurpratiwiningsih, L., & Ervina, D. (2022). MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1). https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p8-15
Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. 2014. Bandung: Alfabeta.
Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Tantu, Y. R. P., & Christi, L. Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah PSAP Sains dan Teknologi. Jurnal Basicedu, 4(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.424
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Novianti Novianti, Siti Khaulah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.