Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi SPLDV Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1274Keywords:
Hasil Belajar, Think Talk Write (TTW)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peningkatan hasil belajar matematika siswa SMP N3 Peusangan pada materi SPLDV menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Subjek yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII/I SMP N 3 Peusangan tahun akademik 2021/2022 yang berjumlah 29 orang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian Tindakan ini diantaranya tes, wawancara, serta pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa oleh 2 orang observer. Menurut hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 41,37%, dan kemudian terjadi peningkatan pada siklus II yaitu sebanyak 86,20%. Sedangkan tingkat aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 72.15%, dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 87%. Aktivitas guru pada siklus I sebanyak 70%, dan aktivitas guru pada siklus II meningkat menjadi 82%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi SPLDV dapat lebih meningkat setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).
Downloads
References
Ainun. (2020). PENGERTIAN PENDIDIKAN: Fungsi, Jenis, Tujuan Pendidikan (Ahli & Umum). Salamadian.
Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1). https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402
Farida, L. A., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. SIGMA, 7(1). https://doi.org/10.36513/sigma.v7i1.1209
Hernaeny, U., & Alfin, E. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Elaborasi terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.644
Liberna, H. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.988
Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2). https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). Pengaruh Stunting terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. In Jurnal Majority (Vol. 8, Issue 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Husnidar Husnidar, Rahmi Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.