Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Menggunakan Media Papan Perjalanan
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1196Keywords:
Hasil Belajar, Media Papan perjalananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 16 Bireuen Kabupaten Bireuen pada materi operasi hitung bilangan bulat. Desaian penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil tes yang meliputi tes awal dan tes akhir, hasil observasi yang meliputi observasi kegiatan guru dan siswa, serta hasil catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang SD Negeri 16 Bireuen Tahun Ajaran 2020/2021. Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Dari hasil pembelajaran dengan menggunakan media papan perjalanan juga mendapat respon yang baik dari siswa kelas IV SD Negeri 16 Bireuen. Jika ditinjau dari angka ketuntasan yaitu 64 % dan tingkat ketuntasan siswa dalam menguasai materi mencapai 57 % dari nilai rata-rata tingkat ketunrasan 85. Oleh karena itu, hasil yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan pada siklus I belum berhasil dan perlu dilakukan siklus berikutnya.dan jika di tinjau dari pelaksanaan siklus II yang tingkat ketuntasan siswa sudah mencapai 92 % . Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media papan perjalanan di IV SD Negeri 16 Bireuen Kabupaten Bireuen tahun pelajaran 2020/2021.
Downloads
References
Ansori, Muhammad. 2007. Penelitian tindakan kelas. Bandung: CIV Wacana Prima
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran kooperatif. Jakarta: Reneka Cipta.
Depdiknas. 2004. “Hakekat kurikulum, pengembangan silabus, dan rencana pembelajaran”, dalam Materi Pelatihan Terintegrasi, Buku Matematika 3. Jakarta
Depdiknas. 2004. “Model-Model Pembelajaran Matematika”. Dalam materi pelatihan Terintegrasi, Buku Matematika 3. Jakarta
De Walle, Jhon A. IVan. Elementary Student MotiIVation : Teaching DeIVelopmentally. New York: Longman
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustakan Pelajar
Isjoni. 2010. Cooperatif Learning EIVektiIVitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta
Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning : What it is and why it’s here to stay. California : Corwin Press.
Moleong, J Lexy. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: remaja Rosdakarya
Novianti, N., & Khaulah, S. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI MAN PEUSANGAN. Jurnal Variasi, 13(No 1 Juni 2022), 25–29. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/vrs.v13i1.502
Kurnia, Tri Nurhayati. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Eska Media
Marzuki. 2010. “Pembelajaran Matematika SD Kelas Tinggi”. Bireuen-Aceh: UPT-Perpustakaan UniIVersitas Almuslim
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 yusnita yusnita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.