PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB DENGAN SOFTWARE PRECALCULUS SOLVED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LIMIT
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.115Keywords:
Komunikasi Matematis, Precalculus Solved, Round ClubAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran Round Club dengan menggunakan software Precalculus Solved terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Limit di kelas XI SMA Negeri 2 Bireuen. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest postest disaign. Penelitian ini dilaksanakan dii SMAN 2 Bireuen. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI Mia 2. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi, dengan instrument berupa tes kemampuan komunikasii matematis siswa dan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Untuk teknik analisis data menggunakan uji korelasii product moment dan analsis hasil observasi dengan persentase. Berdasarkan dari hasil analisis data maka dapat disimpukan (1) Model pembelajaran round club dengan software precalculus solved memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (2) Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh dua orang pengamat terhadap kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran round clubdengan software precalculus solved pada pertemuan I dan pertemuan II baik hasil observasi kegiatan guru maupun hasil observasi kegiatan siswa, keduanya termasuk dalam kategori baik.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta: Jakarta
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nana, Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja RosdaKarya.
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya : Kencana Prenada Media Group.
Widyatun, Bidan Diah. (2012). Model pembelajaran keliling kelompok atau Round Club . [online]. Tersedia: http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajarann-round-club.html [15 April 2017]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.