UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP PADA MATERI MATRIKS
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.113Keywords:
Buzz Group, Komunikasi Matematis Siswa, MatriksAbstract
Masalah yang dhadapi oleh para siswa khususnya terhadap kemampuan komunkasi matematis adalah disebabkan oleh kurangnya keaktifan dalam pembelajaran dan kurangnya pengetahuan dalam mendesain menjadi pembelajaran semenarik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan metode Buzz Group pada materi Matriks di kelas XI SMAN 1 Peudada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 1 Peudada yaitu 35 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir siklus, observasi, dan wawancara. Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dari segi ketuntasan belajar siswa dari siklus I 62,85% dan siklus II 88,57%. Hasil belajar siswa tergolong baik dengan peningkatan sebesar 25,72% . Aktivitas siswa dan guru tergolong baik dilihat hasil siklus I 88% dan siklus II 94% dengan mengalami peningkatan sebesar 6%. Dengan demikian, terjadinya peningkatan pada kemampuan komunikasi matematis sswa dengan menggunakan metode Buzz Group pada materi matriks.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Khaulah, S., Novianti, & Nurasmah. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Matematika Terhadap Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal Pendidikan Almuslim. 7 (2), 65-68
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011.Mengenal Penenlitian Tindakan Kelas. Edisi:2. Jakarta: PT Indeks
Maidiyah. E & Usman. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala
Multyaningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta:Alfabeta
Prayitno,S., Suwarsono, dan Tatag. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar nasional Matematika dan Pendidikan matematika. ISSN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4. [Online]. Tersedia: eprints.uny.ac.id/10796/1/P%20-2073.pdf. [Diakses 10 Maret 2020]
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.