EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBANTUAN SPSS TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIK

Authors

  • Nurhayati Universitas Almuslim
  • Wiwin Apriani Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.112

Keywords:

Blended Learning, SPSS, Tingkat Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas Blended Learning berbantuan SPSS terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah statistik. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Almuslim. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 mahasiswa, dan sampel menggunakan semua populasi. Penelitian ini menggunakan instrumen tes mengenai tingkat pemahaman yang berupa hasil belajar dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana (koefisien korelasi product moment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Blended Learning berbantuan SPSS dapat mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa sebesar 70.80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfi, C., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 597–602.

Amin, A., K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Bibi, S. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Tingkat Pemahaman mahasiswa Mata Kuliah Algoritma dan Pemograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 74-87.

Hermawanto, Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(57), 67–76.

Murni, D., & Hodijah, R., N. (2016). Penerapan Blended Learning Berbasis Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum. Biodidaktika, 11(1), 45–51.

Ningsih, Y. L., & Jayanti. (2016). Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Blended Learning Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Jurnal Pendidikan RAFA, 2(1), 1–11.

Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Plantet Questions Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7(1), 45-49.

Nurhayati, N., & Novianti, N. (2020). Pengaruh SPSS Terhadap Hasil Belajar pada Materi Statistika Deskriptif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 101-107.

Putra, A. P. (2015). Pengaruh Penerapan Model Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Candrasangkala, 1(1), 1–14.

Setyanto, A., E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 37-48.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, R & Nurhayati. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 3(2), 76-81

Downloads

Published

2020-04-30