Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas dan Keliling Segitiga Melalui Pendekatan Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1115Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran matematika KonstektualAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstektual pada materi luas dan keliling segitiga. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK, dan yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 16 Bireuen tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 21 orang siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik analisis data dilaksanakan melalui pengamatan aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Berdasarkan pengamatan didapat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar mencapai 42,9% (9 siswa), sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 57,1% (12 siswa), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 90,5% (19 siswa) mencapai ketuntasan dan sebanyak 9,5% (2 siswa) belum mencapai ketuntasan belajar. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan peningkatan ketuntasan belajar siswa mencapai kenaikan sebesar 47,6% jika dibandingkan dengan kondisi awal.
Downloads
References
Prasetyo Parhusip, Y., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3).
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1). https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman & Maidyah. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Darussalam: Universitas Syiah Kuala.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 yusnaida yusnaida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.