Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Jarimatika pada Siswa SD Negeri 4 Makmur

Authors

  • Ikhsan Kamara SD Negeri 4 Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1114

Keywords:

Hasil Belajar, Jarimatika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian dengan menggunakan metode jarimatika, selain itu juga bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas Guru dan Siswa dalam mengelola pembelajaran menggunakan metode Jarimatika pada materi perkalian di kelas III SD Negeri 4 Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 18 orang. Teknik analisis data dilaksanakan melalui pengamatan aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Adapun tingkat aktivitas siswa siklus I diperoleh 3,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,75. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh 3,12 dan meningkat pada siklus II menjadi 3,62. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 63,33 dan meningkat menjadi 76,39 pada siklus II. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan dari aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. dimana hasil pembelajaran siswa terlihat lebih baik dari pada siklus I, hal ini diperoleh dari perbaikan pada siklus I dan penyempurnaan pada siklus II.berdasarkan data tersebut menunjukkan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perkalian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kristiawati, K. (2018). Efektivitas Metode Jari Tangan (Jarimatika) tehadap Hasil Belajar Matematika Konsep Penjumlahan pada Siswa Kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 2(2). https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1097

Novianti, N., & Khaulah, S. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMA Negeri 1 Kuala. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1).

Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung dengan metode jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2). https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1302

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2022-04-30