Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instrution dengan Permainan Tradisional Congklak

Authors

  • Ayu wandira universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i1.1100

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 2 Pandrah menggunakan model pembelajaran  problem based instruction serta respon siswa terhadap model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan yaitu melalui hasil tes awal dan akhir siswa, hasil respon siswa, dan hasil observasi kegiatan pembelajaran. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu satu kelas siswa dari kelas IV SD Negeri 2 Pandrah yang berjumlah 13 orang. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hasil tes akhir siklus I diperoleh siswa yang mendapat skor  72 sebanyak 76%, dan hasil tes akhir siklus II diperoleh siswa yang mendapat skor  72 sebanyak 92,3%. Sedangkan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti pada siklus I diperoleh hasil skor persentase 83,4% dan hasil observasi terhadap kegiatan siswa siklus I diperoleh skor persentase 79.95%. Sedangkan hasil observasi kegiatan peneliti pada siklus II diperoleh skor persentase sebesar 95,5% dan hasil observasi terhadap kegiatan siswa siklus II diperoleh skor persentase sebesar 93%. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran problem based instruction adalah 80% siswa menyatakan setuju. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus II diatas maka penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di kelas IV SD Negeri 2 Pandrah sudah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.Heruman.

Iskandar, 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Kusumah Wijaya dan Dwitagama Dedi. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Permata Puri Media. Ed ke-2

Karso, dkk. 1999. Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud. Cet ke-2

Moleong. L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet ke-24

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sukardjo.2009. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pres. Ed-1

Sugiono,2010,Metode Penelitian Kualitatif dan kuantitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sudjana.Nana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar.Bandung: Sinar Baru

Tilaar, H,A,R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan ( Menejemen Pendidikan Nasional Dalam Pusaran Kekuasaan ). Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Ed- 1 Cet ke- 4

Gunanto. 2016. Matematika Untuk SD/MI Kelas IV Kurikulum 2013 yang Disempurnakan)

Downloads

Published

2022-04-30