PENGARUH PEMBELAJARAN MASTER BERBANTU SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GEOMETRI

Authors

  • Nazaruddin Universitas Almuslim
  • Yessi Kartika Universitas Almuslim
  • Novianti Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.110

Keywords:

Geometri, Pemecahan Masalah, Master, Geogebra

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran matematika khususnya dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penerapan dan pemahaman konsep serta permasalahan lainnya yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motode pembelajaran master berbantu software geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi geometri di kelas X MAN 3 Bireuen yang terdiri dari 8 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 yang terdiri dari 19 orang siswa. Data dianalisis dengan data korelasi product moment. Hasil analisis diperoleh rhitung>rtabel yaitu 0,575 > 0.456, berarti terdapat korelasi yang positif antara sebelum dilaksanakan metode pembelajaran master berbantu software geogebra dengan sesudah sesuai dengan interpretasi koefisien korelasi menunjukkan interpretasi yang sedang. Serta diperoleh thitung >ttabel yaitu 2,8978>1,740. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran master berbantu software geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi geometri di kelas X MAN 3 Bireuen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oeman. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran Cet.Ke-7. Jakarta Bumi Aksara

Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus With Free Dynamic Mathematics Software Geogebra. http://www.geogebra.org/publications/2008-ICME11-TSG16-CalculusGeoGebra-paper.pdf [17 November 2017]

Novianti & Siti Khaulah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Berbantuan Alat Peraga Papan Turunan. Jurnal Pendidikan Almuslim. 8 (1), 1-4

Shodikin. (2014). Strategi Abduktif - Deduktif Pada Pembelajaran Matematika Dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa SMA. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 1 No. 2, September 2014

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta

Downloads

Published

2020-04-30