UPAYA MENGATASI PERILAKU PHUBBING DENGAN MENGGUNAKAN TANGRAM MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.109Keywords:
Phubbing, Tangram Matematika, Sekolah DasarAbstract
Kurangnya pengawasan orangtua serta guru dalam pemanfaatan teknologi, terutama smartphone menyebabkan terjadinya phubbing pada siswa sekolah dasar. Phubbing sendiri merupakan kejadian negative pada anak dimana siswa terlalu focus pada gadget dan menjadi anti sosial atau mengabaikan interaksi langsung face to face. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah phubbing pada anak usia Sekolah Dasar yaitu membekali anak dengan pendidikan yang cukup. Salah satunya dengan memanfaatkan tangram matematika. Anak usia Sekolah Dasar bisa dibekali dengan mainan edukasi seperti penggunaan tangram matematika. Manfaat Tangram dalam pelajaran matematika yaitu untuk mengembangkan kreativitas, menguji keterampilan, daya pikir anak dan mengenalkan bentuk bidang datar kepada anak-anak dan cocok digunakan sebagai media belajar sehingga dapat mengurangi Phubbing.
Downloads
References
Amelia, T., Despitasari, M., Sari, K., Putri, D., Oktamianti, P. and Agustina, A. (2019) “Phubbing, Penyebab Dan Dampaknya Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat”. E-Jurnal Ekologi Kesehatan. ISSN: 1412-4025, Vol 18, No.2. [Online]. Tersedia: https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/jek/article/view/1060 [06 Maret 2020]
Moleong, J. (2013) . Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Yusnita,Y & Hamdani M. Syam. (2017). Pengaruh perilaku Phubbing terhadap penggunaan Smarphone berlebihan terhdap interaksi mahasiswa. JIM FISIP. Vol II, No.3.[Online]. Tersedia: http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/3662 [5 Maret 2020]
Youarti, E.I & Hidayah Nur. (2012). Perilaku Phubbing sebagai karakter remaja generasi Z. Jurnal Fokus Konseling. ISSN:2356-2102, Vol IV, No.1. [Online]. Tersedia: http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/607725 [12 Maret 2020]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.